Pidato Kenegaraan Presiden

Jokowi: BBM Satu Harga dan Dana Desa Terobosan yang Sukses

News - Arys Aditya & Chandra Gian Asmara & Rivi Satrianegara, CNBC Indonesia
16 August 2018 11:32
Jokowi sebut bbm satu harga dan dana desa terobosan pemerintah untuk mewujudkan keadilan sosial
Jakarta, CNBC Indonesia- Presiden Joko Widodo memberikan pidato kenegaraannya di hadapan anggota MPR/DPR hari ini. Menyebutkan program-program dan kebijakannya yang merupakan upaya mewujudkan nilai-nilai pancasila.

Salah satunya adalah sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. "Pemerintah melakukan berbagai langkah terobosan untuk memastikan terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Salah satu wujud keadilan adalah program BBM satu harga," kata Jokowi, di gedung MPR, Kamis (16/8/2018).




Dengan BBM satu harga, lanjut Jokowi, saudara-saudara kita yang ada di pegunungan, di pulau-pulau terdepan, di kawasan perbatasan, tidak membeli BBM lebih mahal beberapa kali lipat dibanding saudara-saudara satu bangsa, satu tanah air di Pulau Jawa.

Terobosan lain adalah dengan peningkatan jumlah dana desa yang sejak 2015 hingga 2018 total alokasinya mencapai Rp 187,65 triliun. "Dana desa kita fokuskan untuk perbaikan pelayanan infrastruktur dasar bagi warga desa, serta meningkatkan ekonomi produktif yang digerakkan oleh BUMD dan pelaku UMKM di desa," katanya.

Sehingga, dana desa bisa menjadi stimulus untuk meningkatkan kesejahteraan warga desa maupun dalam upaya mengatasi kemiskinan di pedesaaan.
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading