Ini Permintaan Pedagang Supaya Harga Pangan Bisa Murah

News - Samuel Pablo, CNBC Indonesia
14 August 2018 15:03
Ini Permintaan Pedagang Supaya Harga Pangan Bisa Murah
Jakarta, CNBC Indonesia - Pedagang pasar meminta tiga hal agar harga pangan seperti beras, dagang, sayur dan buah-buahan bisa tetap terkendali.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Muhammad Maulana mengatakan hal itu harus dipenuhi jika memang pedagang pasar dituntut agar harga pangan dapat tetap murah.

Pertama, kepastian dari kualitas pasokan. Maulana mengungkapkan, produk hortikultura yang diimpor dari luar negeri seperti sayuran atau buah-buahan memiliki kualitas yang baik sepanjang tahun, berbeda dengan produk dari dalam negeri.


"Padahal mereka bukan negara agraris tapi barangnya sama. Sementara kalau kita, [dari satu produk] kematangannya bisa berbeda, bentuknya berbeda. Saya juga bingung, negara-negara importir itu umumnya 4 musim tapi mereka bisa menjamin kepastian suplai selama 12 bulan, kita 2 musim susah banget," jelasnya kepada CNBC Indonesia di bilangan Senopati, Jaksel, Selasa (14/8/2018).


Kedua, adanya kepastian harga dari produsen atau rantai distribusi sebelumnya.

"Pedagang pasar itu ada di ujung rantai pasok. Kalau kita dapat barang dengan harga tinggi, kita juga jual dengan harga tinggi karena ada margin," tegasnya.

Ketiga adalah adanya kepastian tempat usaha. Setiap pelaku usaha menurutnya tentu mencari kepastian lokasi berusaha.

"Tiga hal itu, kepastian kualitas dari barang, harga, dan tempat usaha. Kalau tiga hal itu kita selesaikan bersama, tidak mungkin ada harga fluktuatif yang tidak terdeteksi," tegasnya.

Maulana menambahkan, pasar induk seharusnya berperan penting dalam menetapkan harga. Sayangnya, saat ini hal tersebut tidak terjadi.

"Seperti pasar induk Kramat Jati, barang masuk ditimbang disitu tidak ada kepastian harga. Seharusnya, ada kontrak di situ, ada negosiasi terlebih dahulu. Masih sangat tradisonal sekali. Dari sisi harga beli masih sangat tradisional, tidak ada harga acuan. Sedangkan beras saja di pasar induk ada 80 jenis beras, jadi harga acuan yang mana. Cabai juga begitu," jelasnya. (ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading