Perhatian! Akan Dibangun Bandara Soetta II Senilai Rp 100 T

News - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
11 August 2018 12:24
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa nantinya bandar udara baru tersebut akan berlokasi di utara Bandara Soetta I.
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Angkasa Pura II (Persero) berencana untuk membangun bandar udara internasional baru Soekarno-Hatta (Soetta) II yang diperkirakan rampung pada 5 tahun mendatang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa nantinya bandar udara baru tersebut akan berlokasi di utara Bandara Soetta I dengan nilai investasi mencapai lebih dari Rp 100 triliun.

"Saat ini proses masih dalamĀ feasibility study ya, jadi diantaranya kita akan lihat dari sisi legal, ekonomi hingga ekologi baru nanti kami akan tentukan," ujar Budi di Kantor Pusat AP II, Tangerang, Sabtu (11/8/18).


Sementara itu, Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan bahwa pertumbuhan kapasitas bandara Soetta I yang terus tumbuh menjadi alternatif perseroan dan juga pemerintah untuk membangun bandar udara baru tersebut.

Diperkirakan, luas dari bandara tersebut mencapai lebih dari 2.000 hektar dengan pembuatan konstruksi diatas tanah dan juga perairan (lewat reklamasi) di antara tiga titik lokasi bandara yang saat ini masih dalam proses pengkajian.

"Diantara tiga lokasi tersebut paling jauh titiknya itu antara 17-20 kilometer dari bandara Soetta I. Kalau perencanaan tuntas 2 tahun kedepan, diperkirakan pada 2024 maksimal sudah diresmikan," tambah Awal dalam kesempatan yang sama.

Sedangkan Menteri BUMN Rini Soemarno menambahkan bahwa rencana pembuatan Bandara Soetta II tersebut direncanakan akan terhubung dengan berbagai transportasi massal diantaranya kereta bandara yang sudah terhubung ke bandara Soetta I serta light rail transit (LRT).

Pihaknya menyatakan pembangunan bandara Soetta II tersebut merupakan salah satu rekomendasi pemerintah kepada AP II dalam menampung kapasitas bandara Soetta yang diperkirakan mencapai 100 juta penumpang pada 5 tahun kedepan.

"Kami kejar kapasitas Soetta, kita kejar tiga tahun nambahnya cuman 18 juta. Jadi mau ga mau harus ada area baru yang bisa connect dengan kereta maupun jalan tol ke lokasi tersebut," tambah Rini
(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading