Internasional

Trump Minta Pendukung Pilih Logo Angkatan Militer Antariksa

News - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
10 August 2018 15:33
Trump Minta Pendukung Pilih Logo Angkatan Militer Antariksa
Jakarta, CNBC Indonesia - Tim kampanye Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada hari Kamis (9/8/2018) mengirimkan surel kepada para pendukung berisikan serangkaian logo "Angkatan Antariksa" atau Space Force.

Sebelumnya diberitakan Trump menginstruksikan Pentagon untuk membentuk sebuah cabang militer baru yang fokus di luar angkasa.

Surel tersebut meminta para pendukung untuk memilih logo terbaik menurut mereka, dengan menyertakan enam pilihan logo.


Berikut adalah usulan logonya.

Trump Minta Pendukung Pilih Logo Angkatan Militer AntariksaFoto: Ist
Surel dari tim kampanye Trump mengatakan pihaknya ingin memberi para pendukung Trump "keputusan final dari desain yang akan kami gunakan untuk menyongsong Angkatan Antariksa Presiden Trump yang baru-dan dia ingin ANDA ikut bersuara". Surel tersebut juga meminta donasi, dilansir dari Business Insider.

Pada bulan Juni, Trump mengumumkan bahwa dia menginstruksikan Pentagon untuk mengambil langkah pembentukan "sebuah Angkatan Antariksa sebagai cabang keenam dari pasukan bersenjata".

Namun, menciptakan sebuah cabang militer baru memerlukan persetujuan Kongres. Padahal, para anggota dewan mengritik usulan pembentukan "Angkatan Antariksa" itu pada November tahun lalu, dan nampaknya hanya sedikit yang menyambut gagasan itu dengan antusias di Washington.

Para pejabat militer senior - termasuk Menteri Pertahanan James Mattis - yang sudah menentang pembentukan Angkatan Antariksa, memperingatkan pembentukan itu akan menjadi upaya mahal yang menarik sumber daya dari cabang-cabang militer yang sudah melakukan misi luar angkasa.

Meskipun begitu, Gedung Putih tidak membiarkan kekhawatiran semacam itu menghalangi ambisinya. Wakil Presiden Mike Pence pada hari Kamis menjabarkan rencana pemerintah untuk mewujudkan Angkatan Antariksa. Rencana itu termasuk arahan-arahan kepada Pentagon untuk menyusun proposal legislatif tentang pembentukan cabang militer baru ke Kongres.

"Sudah tiba waktunya untuk membentuk Angkatan Antariksa Amerika Serikat," kata Pence di Pentagon.

"Pemerintah kami akan segera bertindak untuk memperbaiki rekomendasi-rekomendasi ini dengan tujuan pembentukan Departemen Angkatan Antariksa Amerika Serikat di tahun 2020," tambahnya.

Terakhir kali AS menciptakan sebuah cabang militer baru adalah di tahun 1947 ketika membentuk Angkatan Udara.
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading