Menkeu Pamer Kecanggihan DJP, Bisa Cek Data NPWP Via Ponsel

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
06 August 2018 20:43
Menkeu Pamer Kecanggihan DJP, Bisa Cek Data NPWP Via Ponsel
Jakarta, CNBC Indonesia - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kini memiliki teknologi yang bisa mendeteksi data para wajib pajak hanya melalui ponsel. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Sistem IT kita sudah canggih. Nyebutin nomor NPWP dan Pak Robert [Dirjen Pajak] bisa cek di hp-nya (ponsel)," kata Sri Mulyani di Dhanapala, Senin (6/8/2018).

Sampai saat ini, sambung Sri Mulyani wajib pajak yang telah melaporkan surat pemberitahuan tahunan (SPT) kian bertambah. Namun, Ia mengakui ada beberapa kendala dalam perpajakan di Indonesia salah satunya aturan yang cukup rumit.


"Indonesia di dalam salah satu study yang dilakukan, menunjukkan bahwa kita salah satu negara paling complex di dalam peraturan perpajakannya," tuturnya.

"Kemarin pertemuan G20 biasanya Dirjen Pajak tak ikut tapi sekarang ikut. Karena saya merasa banyak pembahasan di G20 dan Dirjen Pajak harus mendengarkan sendiri pembahasan ekonomi update, trade war dan semua Menteri berbicara banyak," imbuh Sri Mulyani.

Tahun ini DJP menganggarkan Rp 3,1 triliun untuk pembangunan sistem teknologi informasi pajak atau core tax system.

Dirjen Pajak Robert Pakpahan mengatakan pembangunan core tax system ini sejalan dengan reformasi perpajakan yang lagi dilakukan pemerintah.

"Core tax untuk kebutuhan IT pajak, akan dibangun 3,5-4 tahun ke depan, total pengadaan multiyears 7 tahun," kata Robert.

Robert menyebut, anggaran Rp 3,1 triliun ini nantinya digunakan untuk membeli software, CODS software system informasi perpajakan yang teruji dengan modifikasi, sampai dengan konsultan yang membangun sistem tersebut.
(dru/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading