5 Orang Kaya Baru RI Datang dari Industri Startup!

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
25 July 2018 13:11
5 Orang Kaya Baru RI Datang dari Industri Startup!
Jakarta, CNBC Indonesia - Tumbuh pesatnya industri teknologi yang ditandai dengan menjamurnya berbagai perusahaan rintisan atau startup juga berdampak pada nilai aset para pendirinya.

Para penggagas statup yang sebagian besar masih berusia di sekitar pertengahan 30-an kini menikmati aliran dana dari keberhasilan dan kepopuleran startup mereka.

Para pendiri usaha rintisan yang saat ini telah berhasil meraih gelar unicorn, yaitu startup dengan valuasi lebih dari US$1 miliar (Rp 14,5 triliun), bahkan berhasil masuk ke dalam daftar 150 orang terkaya di Indonesia versi majalah Globe Asia.


Ferry Unardi dari Traveloka, William Tanuwijaya yang mendirikan Tokopedia, Achmad Zaky di Bukalapak, serta Nadiem Makarim dengan Go-Jek berhasil merangsek masuk daftar tersebut dalam usia yang relatif muda. Nilai kekayaan mereka bila dijumlahkan menyentuh US$680 juta.

Ferry yang berusia 30 tahun ada di posisi 146 dengan nilai kekayaan US$145 juta. William (36) menyusul di peringkat 148 dengan nilai aset mencapai US$130 juta.

Di posisi 149 ada pendiri Bukalapak, Achmad Zaky, yang baru berusia 31 tahun dengan nilai kekayaan US$105 juta. Di peringkat paling buncit ada pendiri Go-Jek, Nadiem Makarim, yang mengumpulkan kekayaan hingga US$100 juta.

Selain nama-nama tersebut, ada juga Patrick Walujo (35) yang merupakan salah satu pendiri Northstar Capital. Perusahaan private equity yang berbasis di Singapura itu adalah salah satu investor awal Go-Jek.

Patrick disebut Globe Asia memiliki kekayaan senilai US$200 juta dan menjadi pendatang baru di daftar tersebut yang langsung melesat ke posisi 131.



(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading