Jumlah Orang Kaya India Akan Naik 3 Kali Lipat di 2027

Entrepreneur - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
24 July 2018 13:59
Jumlah Orang Kaya India Akan Naik 3 Kali Lipat di 2027
Jakarta, CNBC Indonesia - India akan memiliki hampir satu juta atau sekitar 950.000 jutawan pada tahun 2027. Jumlah itu naik 190% dari total 330.000 miliuner yang sekarang ini ada di India, menurut laporan grup riset pasar yang berbasis di Johannesburg, New World Wealth.

Lonjakan jumlah orang kaya itu disebabkan oleh upah yang kompetitif, pertumbuhan ekonomi yang kuat, dan meningkatnya jumlah wirausaha di negara terkaya keenam di dunia itu.

Di tahun 2007, India hanya memiliki sekitar 124.000 individu dengan penghasilan tinggi (high-net-worth individuals/ HNIs). HNI adalah orang-orang dengan nilai kepemilikan aset minimal US$1 juta (Rp 14,5 miliar).

Para jutawan baru tersebut termasuk beberapa pendiri startup bernilai miliaran dolar yang masih berusia muda. Salah satunya adalah Ritesh Agarwal yang ikut mendirikan platform e-commerce Snapdeal.



Faktanya, beberapa pebisnis seperti co-founder Flipkart Sachin Bansal dan pendiri Paytm Vijay Shekhar Sharma telah masuk daftar miliuner.

Sebagian besar orang-orang superkaya India bertempat tinggal di Mumbai. Kota yang menjadi pusat keuangan negara itu ditinggali oleh 28 dari 119 miluner atau dua kali dari jumlah mereka yang tinggal di New Delhi.

Tahun lalu, HNI menguasai sekitar US$3,9 miliar atau 48% dari kekayaan yang diperkirakan dimiliki India US$8,2 miliar, menurut laporan New World Wealth.

Kekayaan atau wealth merujuk pada nilai aset bersih seseorang yang termasuk properti, uang tunai, saham, dan kepentingan bisnis dikurangi kewajiban. Kekayaan ini diperkirakan akan naik tiga kali lipat menjadi US$25 miliar di 2027, New World Wealth memperkirakan.

Hingga akhir tahun lalu, orang-orang superkaya India ini menyimpan kekayaannya dalam bentuk kepemilikan saham hingga seperempat dari aset mereka. Uang tunai dan obligasi, properti, dan saham yang mencapai lebih dari 21% dari keseluruhan aset, dilansir dari World Economic Forum (WEF).

Selain itu, mereka juga senang menyimpan uang tunai berdenominasi dolar Amerika Serikat (AS) dan ekuitas di AS dan Asia. Selain itu, satu dari lima HNI India juga memiliki properti di luar negeri dengan kota-kota seperti London, New York, Singapura, dan Dubai menjadi lokasi favorit mereka.

Namun, ada kesenjangan yang lebar antara orang terkaya dan termiskin India.

Saat ini di India ada 330.000 orang kaya yang memiliki kekayaan lebih dari US$1 juta, 20.700 multi-jutawan, 1.064 orang dengan kekayaan lebih dari US$100 juta, dan 119 miliuner.

Mereka memiliki sekitar 48% kekayaan india, sementara rata-rata penduduk India hanya memiliki aset senilai US$6.600. (prm/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading