Bos Djarum Sampai Nadiem Makarim Masuk List Orang Terkaya RI

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
25 July 2018 11:43
Bos Djarum Sampai Nadiem Makarim Masuk List Orang Terkaya RI
Jakarta, CNBC Indonesia - Majalah milik Lippo Group, Globe Asia, baru-baru ini mengeluarkan daftar 150 orang terkaya di Indonesia tahun 2018. Tidak berbeda dari daftar yang dirilis Forbes beberapa waktu lalu, beberapa posisi teratas tetap dikuasai para taipan yang sama.

Pemilik grup Djarum, Robert Hartono (77) dan Michael Hartono (78), memuncaki daftar orang terkaya di Nusantara dengan nilai kekayaan mencapai US$21 miliar (Rp 304,7 triliun).

Nilai aset pemilik grup Djarum yang bergerak di sektor produk tembakau, perbankan, industri, peralatan, hingga telekomunikas dan e-commerce ini naik US$3 miliar dalam setahun. Kedua saudara kandung ini mencatatkan nilai kekayaan US$18 miliar tahun lalu, menurut penghitungan Globe Asia, dikutip hari Rabu (25/7/2018).


Posisi kedua ditempati oleh Eka Tjipta Widjaja, 95 tahun, yang merupakan pemilik Sinar Mas Group yang bergerak di bidang perkebunan, pulp and paper, properti, keuangan, dan energi. Nilai kekayaannya mencapai US$13,9 miliar atau naik dari US$10,8 miliar yang dikantonginya tahun lalu.

Anthoni Salim, chairperson dari perusahaan investasi yang berbasis di Hong Kong, First Pacific, ada di posisi ketiga dengan nilai kekayaan US$11,5 miliar. Nilai kekayaan taipan ini turun sekitar US$900 juta dari US$12,4 miliar yang ia catatkan tahun 2017.


Menjamurnya startup di Indonesia beberapa tahun terakhir ternyata memberi berkah bagi para pendirinya. Beberapa pemilik perusahaan rintisan tahun ini berhasil masuk ke dalam daftar 150 orang terkaya RI tahun 2018 versi Globe Asia ini.

Pendiri perusahaan aplikasi pemesanan transportasi online Go-Jek, Nadiem Makarim, menghuni posisi paling bontot dengan nilai kekayaan US$100 juta. Ini adalah kali pertama ia masuk ke dalam daftar, menurut Globe Asia.

Pendiri startup e-commerce Bukalapak, Achmad Zaky, dan Tokopedia, William Tanuwijaya, juga masuk ke dalam daftar tahun 2018 ini.

Achmad yang baru berusia 31 tahun ada di posisi 149 dengan kekayaan US$105 juta sedangkan William ada di peringkat 148 dengan nilai aset mencapai US$130 juta.

Ferry Unardi, pendiri Traveloka, ada di peringkat 146 dengan kekayaan senilai US$145 juta. (dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading