Tarif Tol Bintaro Tak Diintegrasikan ke JORR?

News - Exist In Exist, CNBC Indonesia
17 July 2018 15:28
Tol Pondok Aren-Bintaro Viaduct-Ulujami berpotensi tidak disatukan dengan tol JORR karena tarifnya hanya Rp 3.000. Bila dipaksakan Rp 15.000 jadi kemahalan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Penyatuan tarif tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) menjadi Rp 15.000 masih ditargetkan dapat diterapkan pada bulan ini.

Namun, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan saat ini pihaknya masih mempertimbangkan apakah jalan tol Pondok Aren-Bintaro Viaduct-Ulujami jadi diintegrasikan dengan tol JORR atau tidak.

Pasalnya, Basuki mengakui jalan tol tersebut memiliki jarak yang pendek dan tarif murah yaitu Rp 3.000. Dengan demikian, penyatuan tarif menjadi Rp 15.000 jelas akan merugikan pengguna tol yang hanya menggunakan jalan tol tersebut tanpa menggunakan tol JORR.


"Itu kan yang masuk [ke Tol Pondok Aren-Bintaro Viaduct-Ulujami] langsung keluar mungkin tetap Rp 3.000, karena yang pendek itu, kan Rp 15.000 [kemahalan]," ujar Basuki, Selasa (16/07/2048).

"Itu mungkin tetap, makanya lagi dikaji. Tadinya mau didiskon, tapi kalau didiskon masa cuma awal, terus berapa lama didiskon? Jadi mungkin itu akan dikeluarkan dari integrasi. Karena itu ekstrim kan Rp 3.000 jadi Rp 15.000, jaraknya cuma 3 kilo-an," lanjutnya.

Namun, Basuki belum bisa memutuskan apakah hal ini akan diterapkan atau tetap mengikuti skema integrasi seperti yang direncanakan awalnya.

Seperti diketahui, integraso tarif ini awalnya direncanakan berlaku untuk 4 ruas dan 9 seksi tol JORR dengan panjang keseluruhan 76,43 km yang terdiri dari: Seksi W1 (Penjaringan-Kebon Jeruk), Seksi W2 Utara (Kebon Jeruk-Ulujami), Seksi W2 Selatan (Ulujami-Pondok Pinang), Seksi S (Pondok Pinang-Taman Mini), Seksi E1 (Taman Mini-Cikunir), Seksi E2 (Cikunir-Cakung), Seksi E3 (Cakung-Rorotan), Jalan Tol Akses Tanjung Priok Seksi E-1, E-2, E-2A, NS (Rorotan-Kebon Bawang), dan Jalan Tol Pondok Aren-Bintaro Viaduct-Ulujami.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading