Cross Girder Jatuh, Jembatan Kali Kuto Molor Tiga Hari

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
17 July 2018 10:09
Cross Girder Jatuh, Jembatan Kali Kuto Molor Tiga Hari
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Waskita Karya Tbk (WSKT) menyatakan proses penyelesaian pembangunan jembatan Kali Kuto, bagian dari tol Semarang-Batang, tertunda tiga hari karena inside cross girder yang jatuh saat mengerjakan proyek tersebut pada Jumat (13/7) lalu.

Direktur Utama Waskita Karya I Gusti Ngurah Putra mengatakan proses penyelesaian proyek tersebut mundur lantaran proses penanganan yang baru selesai kemarin Senin (16/7). "Itu hanya gantungan sementara mau dipermanenkan lepas bloknya dua buah. Sudah selesai ditangani dan target akhir September selesai," kata I Gusti kepada CNBC Indonesia, Senin (16/7).

Ngurah Putra mengatakan perusahaan tak menderita kerugian materi atas terjadinya insiden tersebut. Nilai proyek tol Semarang-Batang mencapai Rp 6,4 triliun.


Sebelumnya proyek jembatan sepanjang 75 meter ini ditargetkan dapat selesai pada 25 September 2018, tapi karena karena kejadian tersebut maka perhitungan penyelesaian pengerjaan dijadwalkan 28 September 2018.

Pada Jumat pekan lalu terjadi insiden jatuhnya cross girder pelepasan penggantung sementara pada ruas tol Batang-Semarang Seksi 2 STA412+116 disebabkan terjadinya ayunan dan kejut pada penggentung sementara (temporary hanger) pada posisi bagian ujung yang dilepas dan digantiman dengan penggantung permanen (cable hanger).

Menurut pernyataan perusahaan tak ada korban jiwa dari insiden tersebut. Sementara perusahaan terus bekerja sama dan berkoordinasi dengan pihak teekait dan tim di lapangan untuk memastikan proses pemulihan di area terjadinya insiden dapat kembali berjalan normal.

Adapun pembangunan jembatan ini baru kembali dilakukan pada 2 Juli lalu paska libur lebaran, dimana di arus mudik dan balik jembatan yng menguhubungkan Kendal dan Batang ini telah difungsionalkan sebagai jalur kendaraan roda empat. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading