Freeport Dapat Perpanjangan Operasi Sampai 2041

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
12 July 2018 17:25
Freeport Dapat Perpanjangan Operasi Sampai 2041
Jakarta, CNBC Indonesia- Perjanjian awal untuk mengambil alih 51% saham PT Freeport Indonesia akhirnya diteken. Perjanjian ini disebut-sebut oleh CEO Freeport McMoran, Richard Adkerson, sebagai kesepakatan yang win-win solution.

Bagaimana tidak, dengan ditekennya Head of Agreement (HoA) sore ini tak cuma membawa keuntungan buat Indonesia dengan menguasai 51% saham, tapi juga untuk Freeport yang dapat perpanjangan operasi sampai 20 tahun.

Perolehan perpanjangan operasi ini dituangkan dalam poin 5 HoA. "Perpanjangan masa operasi maksimal 2 x 10 tahun akan diberikan setelah PT Freeport Indonesia memenuhi kewajiban dalam Izin Usaha Pertambangan Khusus- Operasi," ujar Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, usai menyaksikan penandatanganan HoA, Kamis (12/7/2018).

CEO Freeport McMoran, Richard Adkerson, mengatakan kesepakatan ini ditempuh dengan proses yang panjang dan hasilnya dinilai positif untuk semua pihak. "Ini win-win solution. Bersama-sama kami menghadapi tantangan bisnis ke depan, dan kami berkomitmen untuk membuat kerjasama ini sukses," ujar Richard yang juga hadir di acara penandatanganan.


(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading