Transfer Cristiano Ronaldo: Kemenangan Italia, Juventus, Jeep

News - Raydion Subiantoro & Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
11 July 2018 08:24
Cristiano Ronaldo resmi berganti kostum dari Real Madrid ke Juventus.
Jakarta, CNBC Indonesia - Saga transfer Cristiano Ronaldo akhirnya tuntas. Peraih 5 gelar Ballon d'Or itu resmi meninggalkan Real Madrid, untuk bergabung dengan raksasa Serie A Italia, Juventus.

I Bianconeri disebut harus merogoh kocek sebesar 100 juta euro atau sekitar Rp 1,68 triliun untuk mendatangkan CR7 di tengah-tengah Piala Dunia yang masih berlangsung ini.

Gaji yang diterima Ronaldo selama berkarir di Allianz Stadium, Turin, pun mencapai 30 juta euro per tahun atau sekitar Rp 558 miliar.


Nilai transfer dan jumlah gaji itu membuat Ronaldo sudah menjadi bagian dari sejarah Juventus. CR7 menjadi pemain termahal dan bergaji tertinggi sepanjang si Nyonya Tua berdiri.

Ronaldo mengalahkan rekor pembelian klub ketika memboyong Gonzalo Higuain dari Napoli, dengan nilai transfer 90 juta euro atau sekitar Rp 1,51 triliun pada musim panas 2016 lalu. Gaji Higuain yang 7,7 juta euro per tahun seakan juga tidak ada apa-apanya dibandingkan yang akan diterima Ronaldo.

Adapun sepanjang tahun lalu, Juventus harus menggelontorkan dana hampir Rp 170 juta euro. Artinya, untuk membayar Ronaldo seorang sudah memakan 12,35% dari total anggaran gaji musim lalu.

Juventus sendiri, sebenarnya memiliki tradisi unik yang ditetapkan pemilik FIAT - pemilik saham terbesar klub - sekaligus presiden pertama klub, Giovanni Agnelli yang tak ingin pemain Juventus menerima gaji terlampau jauh di atas pegawai senior atau pejabat FIAT.

Tak heran muncul rumor yang menyebut dana transfer dan gaji sang pemain bukan berasal dari perputaran uang di internal klub, melainkan adanya sponsor sebagai pihak ketiga.

Pihak lain itu adalah Exor, dikabarkan ikut membantu Juventus membayar gaji Ronaldo.


Exor dikendalikan oleh Keluarga Agnelli, di mana Andrea Agnelli saat ini juga menjabat sebagai Presiden Juventus.

Exor sendiri merupakan prinsipal dari sejumlah merek mobil yaitu Jeep, Ferrari dan Fiat.

Bisa jadi, kedatangan Ronaldo bukan hanya kemenangan bagi Juventus tetapi juga keuntungan marketing bagi Jepp, Ferrari dan Fiat.

Yang pasti, Ronaldo akan selalu menggunakan jersey dengan sponsor Jeep di dada ketika bertanding membela Juventus dan ditonton jutaan warga dunia.

Kehadiran CR7 di Negeri Pizza juga akan membuat Seria A Italia kembali bergairah. Sudah sejak lama liga ini tidak kedatangan seorang superstar di dunia sepakbola.

The Independent bahkan menilai kepindahan Ronaldo akan lebih menguntungkan bagi Italia, dibandingkan dengan Juventus. Seria A Italia memang kesulitan menarik minat nama-nama besar untuk berkompetisi di sana dalam satu dekade terakhir.

Menjelang musim baru, Ronaldo adalah nama besar kedua yang berhasil ditarik Seria A setelah sebelumnya Carlo Ancelotti setuju menjadi pelatih di Napoli.

Sebetulnya, Seria A juga tengah berbenah jika dilihat dari perkembangan terakhir. Dari sisi teknologi, liga ini sudah menerapkan penggunaan video assistant referee (VAR) pada musim lalu. Kita tahu, VAR kini menjadi perbincangan hangat di Piala Dunia 2018.

Namun sejumlah langkah mundur juga dialami Seria A. Transaksi hak siar Liga Italia di televisi tidak bisa mengalahkan Inggris dan Spanyol. Langkah mundur lainnya adalah AC Milan dilarang untuk bermain di Liga Eropa musim depan karene melanggar aturan Financial Fair Play.

Kehadiran Ronaldo sangat diharapkan dapat kembali menggairahkan Seri A yang pernah disinggahi mega bintang seperti Ronaldo, George Weah dan Shevchenko. Liga Italia juga pernah melahirkan megabintang, antara lain Del Piero, Roberto Baggio, Paolo Maldini, Franco Baresi, Gianluca Vialli dan lain sebagainya.



(ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading