Pemerintah Buka Lelang 6 Proyek Jalan Tol Tahun Ini

News - Exist In Exist, CNBC Indonesia
02 July 2018 19:43
Proyek jalan tol Semarang-Demak kemungkinan besar akan dilelang terlebih dahulu.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera membuka proses lelang untuk enam proyek jalan tol sampai akhir tahun ini.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry TZ mengungkapkan enam ruas jalan tol itu adalah Yogyakarta-Solo, Semarang-Demak, Balikpapan-Penajam, Kamal -Teluknaga-Rajeg (Kataraja), Semanan-Balaraja, dan Gedebage-Cilacap.

"Yang di awal mungkin Semarang-Demak, tidak sekaligus. Semarang-Demak diharapkan bulan Juli ini prekualifikasi. [Satu lagi] Balikpapan mungkin ya," paparnya di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin (02/07/2018).


Khusus ruas tol Yogyakarta-Solo, Herry mengatakan pemrakarsa proyek ini adalah Adhi Karya dan konsorsium. Namun, Herry belum bisa menyebutkan secara pasti panjang total dan besaran investasi dari proyek ini.



"Yogya-Solo kita lagi proses persetujuan prakarsa. Kemarin katanya Minggu ini mau menyampaikan kembali perbaikan proposalnya. Setelah ini nanti setelah disetujui Pak Menteri, kita sudah mendapatkan persetujuan dan kelengkapan dokumen, nanti kita sampaikan penetapan lokasi terus kita lelang," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pada tahun ini Presiden Joko Widodo juga akan meresmikan tiga ruas jalan tol dalam waktu dekat. Ketiga ruas tol tersebut berlokasi di Pulau Jawa dan Sumatera. 

Basuki mengatakan tiga ruas tol tersebut antara lain Pejagan-Pemalang, Kertasura-Sragen, dan Kualanamu-Perbarakan.

"Itu panjang-panjang. Dibukanya tergantung Pak Jokowi, semua sudah siap, sudah laik fungsi semua, tinggal jadwal pak presiden," tuturnya di kediaman Menteri Susi Pudjiastuti, Senin (25/06/2018).


(ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading