Internasional

BP Operasikan Pipa Gas Rp 402 T di Azerbaijan

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
02 July 2018 18:04
BP Operasikan Pipa Gas Rp 402 T di Azerbaijan
Azerbaijan, CNBC Indonesia - Raksasa minyak asal Inggris, BP, telah mulai mengoperasikan saluran pipa senilai US$28 miliar (Rp 402 triliun) di Azerbaijan untuk memasok gas ke Turki dan wilayah lain di Eropa, kata perusahaan hari Senin (2/7/2018).

Pembangunan 'Shah Deniz 2' adalah "titik awal untuk rangkaian pipa Gas Koridor Selatan yang akan mengirim gas alam untuk kali pertama dari Laut Kaspia langsung ke pasar Eropa," kata BP dalam sebuah pernyataan.


Saluran pipa yang melewati Rusia itu dan telah didukung oleh Uni Eropa, yang ingin mengurangi ketergantungan energi Eropa pada Moskow.

"Bersama dengan sistem pipa Gas Koridor Selatan, Shah Deniz 2 akan memberikan pasokan energi baru yang signifikan ke Eropa dan mendiversifikasi sumber energi lebih lanjut," kata kepala eksekutif BP Group, Bob Dudley, dilansir dari AFP, mengutip pernyataan itu.

Lahan raksasa Shah Deniz menampung sekitar satu triliun kubik meter gas alam, menurut perkiraan BP. Tahap pertama eksplorasi dimulai pada tahun 2006 dan sekarang menyuplai gas ke Georgia dan Turki.

Direktur Pipas Gas Koridor Selatan, Afgan Isayev, mengatakan penyaluran akan dimulai hari Sabtu.


Ladang gas Shah Deniz Tahap 2 adalah salah satu dari proyek komplek gas yang paling luas dan rumit di dunia. Ladang ini melibatkan infrastruktur bawah laut pertama yang dibangun di Laut Kaspia. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading