Penggunaan Data Meningkat 40% H-1 dan H+1 Lebaran

News - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
12 June 2018 15:30
Penggunaan Data Meningkat 40% H-1 dan H+1 Lebaran
Jakarta, CNBC Indonesia - Trafik layanan komunikasi, khususnya data, pada perode Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) tahun ini umumnya mencapai puncaknya pada H-1 hingga H+1 Lebaran.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan layanan data pada periode tersebut rata-rata meningkat 30%-40% dibandingkan hari biasa. Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, diperkirakan peningkatan trafik layanan komunikasi mencapai lebih dari 100%.

"Pada RAFI tahun ini Telkomsel memperkirakan terjadi lonjakan trafik layanan data sebesar 40% dibandingkan hari normal, bahkan sekitar 137% jika dibandingkan periode RAFI tahun lalu, ujar Ririek.


Tingginya penggunaan layanan data pada periode tersebut antara lain dipicu dengan tingginya aktivitas pelanggan dalam mengunggah foto dan video aktivitas di lokasi mudik dan tempat wisata ke media sosial serta aplikasi pesan instan.

Dengan meningkatnya trafik layanan komunikasi dan data tersebut, Telkomsel secara khusus membangun 12 ribu base transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) di seluruh Indonesia.

"Kualitas jaringan merupakan prioritas utama kami dalam mengantisipasi tingginya penggunaan layanan komunikasi periode RAFI. Kami menjamin pelanggan dapat menikmati pengalaman menggunakan layanan broadband secara optimal dan prima," tambah Ririek.

Dari 12.000 BTS 4G tersebut, 26% di antaranya menggunakan frekuensi 2.300 MHz, 8% di pita frekuensi 2.100 MHz, 60% di pita frekuensi 1.800 MHz, dan 5% di pita frekuensi 900 MHz. Pita frekuensi 1.800 MHz merupakan pita frekuensi utama untuk menggelar layanan LTE. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading