Selama Lebaran, Lewat Ciawi-Cigombong Lewat Tol Bocimi Gratis

News - Exist In Exist, CNBC Indonesia
08 June 2018 09:39
Selama Lebaran, Lewat Ciawi-Cigombong Lewat Tol Bocimi Gratis
Jakarta, CNBC Indonesia - Jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi I (Ciawi-Cigombong) sepanjang 15,3 Km akan dibuka secara fungsional tanpa tarif alias gratis mulai hari ini hingga H+7 Lebaran atau 24 Juni 2018.

"Tol Bocimi seksi I dari Ciawi ke Cigombong dengan panjang sekitar 15,3 km ini akan kita fungsikan mulai besok usai Shalat Jumat. Kondisi jalannya sudah mantap dan tengah penyelesaian pemasangan kelengkapan berupa rambu dan marka jalan. Saat ini progres Seksi I telah mencapai 89%," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (08/06/2018).

Untuk mengoptimalkan arus lalu lintas, lanjutnya, kendaraan yang diperbolehkan melintas hanya kendaraan pribadi dengan kecepatan maksimal 40 km per jam.


Selain itu, dilakukan juga pengaturan lalu lintas, yaitu untuk tanggal 8-14 Juni 2018, ruas tol ini diperuntukan bagi kendaraan dari arah Jakarta menuju Sukabumi, dan pada 15-24 Juni 2018 hanya bisa dilewati kendaraan dari arah sebaliknya.

Basuki menjelaskan, dengan ruas tol tersebut akan mengurangi waktu tempuh Ciawi-Cigombong dari sekitar 1-2 jam menjadi sekitar 20 menit.

Sebagai informasi, pembangunan jalan tol Bocimi dibagi menjadi empat seksi, setelah Seksi I, terdapat Seksi II Cigombong- Cibadak (11,9 km), Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat (13,7 km), serta Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13 km).

Pembangunannya menggunakan dana investasi badan usaha jalan tol (BUJT) yaitu PT Trans Jabar Toll dimana saham mayoritas dimiliki oleh PT Waskita Toll Road dengan nilai investasi sebesar Rp 15,95 triliun.

"Tol Bocimi akan memangkas jarak dan waktu tempuh Bogor-Sukabumi yang berjarak sekitar 67 km bila melalui jalan arteri, dari semula sekitar 5 jam menjadi sekitar 1-2 jam saja," jelas Basuki.

Selanjutnya, Basuki mengatakan usai Lebaran yaitu bulan Juli ruas tol fungsional ini akan diresmikan. Begitu juga dengan beberapa ruas tol fungsional lainnya, seperti Jalan Tol Kartosuro-Sragen (bagian dari ruas Solo-Ngawi), Tol Brebes Timur-Pemalang (bagian dari ruas Pejagan-Pemalang), Tol Gempol-Rembang (bagian dari ruas Gempol-Pasuruan) dan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi I. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading