Penerbangan Internasional Bandara Bandung Pindah ke Kertajati

News - Exist In Exist, CNBC Indonesia
25 May 2018 08:13
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati akan resmi beroperasi pada awal Juni mendatang.
Jakarta, CNBC Indonesia - Penerbangan internasional di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, rencananya akan dialihkan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati setelah resmi beroperasi pada awal Juni mendatang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan Bandara Husein akan tetap melayani penerbangan domestik dan berupaya maksimal agar Bandara Kertajati dapat melayani penerbangan haji.

"Mungkin arahnya penerbangan internasional (dari Bandara Husein Sastranegara) akan ke sini, (penerbangan) haji tinggal kita finalisasi. Insya Allah angkutan haji akan terbang dari sini, dari dua kabupaten di Jawa Barat. Embarkasinya Jakarta. Jadi, dari sini stop over," kata Budi di Bandara Kertajati, Kamis (24/05/2018).


Selain itu, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso mengatakan pihaknya akan menghitung keuntungan dan kerugian dari pengoperasian dua bandara tersebut.


Salah satu opsi yang mungkin dilakukan adalah penerbangan dengan pesawat baling-baling dapat dilakukan di Bandara Husein Sastranegara, sedangkan penerbangan dengan pesawat jet dan penerbangan kargo dipindah ke Bandara Kertajati karena akan diintegrasikan dengan Pelabuhan Patimban.

"Saat ini ada 19 penerbangan dari dan ke Bandara Husein, dengan enam penerbangan gunakan pesawat propeller (baling-baling). Rutenya seperti Halim-Bandung, Jogja-Bandung, Malang-Bandung, Solo-Bandung, Semarang-Bandung, dan Lampung-Bandung," jelasnya.

Akan tetapi, lanjutnya, hal ini juga harus mempertimbangkan kesiapan ruas Tol Cisumdawu dan lalu lintas di Cirebon terlebih dahulu.
Artikel Selanjutnya

Bandara Kertajati Bisa Layani 18 Rute Domestik Potensial


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading