Cadangan Emas Vale - Antam Bakal Kalahkan Newmont

News - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
21 May 2018 11:34
Cadangan Emas Vale - Antam Bakal Kalahkan Newmont
Jakarta, CNBC Indonesia- Dua perusahaan tambang besar di Indonesia, yakni PT Aneka Tambang Tbk dan PT Vale Indonesia Tbk, tengah melakukan eksplorasi tambang di Dompu, Nusa Tenggara Barat. Dari tambang ini, diproyeksikan terdapat cadangan emas yang mengalahkan cadangan Newmont.

Hal ini diungkap oleh Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), yang merupakan induk perusahaan tambang BUMN, Budi Gunadi Sadikin. Budi menyebut kerjasama Antam dan Vale ini diperkirakan menghasilkan cadangan emas dua kali lipat dibanding milik PT Newmont Nusa Tenggara (sekarang PT Amman Mineral Nusa Tenggara).




"Ini kongsinya sama Vale, mereka punya 75% sementara Antam 25%. Antam hanya 25% karena tidak punya modal," ujarnya dalam buka puasa bersama dengan Menteri BUMN Rini Soemarno, dan direksi BUMN Tambang, Jumat (18/5/2018)

Selain emas, tuturnya, cadangan tembaga di Dompu juga diperkirakan lebih besar dari PT Merdeka Copper Gold Tbk yang memiliki tambang di Jawa Timur. "Kenapa saya buka? Agar cadangan ini tidak hilang diambil oleh orang lain," ujarnya.

Bila mengacu pada klaim Budi, maka cadangan emas di Dompu diperkirakan mencapai 1,38 juta ton emas karena tambang Batu Hijau milik Newmount memiliki cadangan 690 ribu ton emas. Sementara cadangan tembaga di Dompu diperkirakan melebihi 8,6 juta ton atau 19 miliar pounds sesuai cadangan tembaga di Merdeka Copper.

"Tapi saya perlu tegaskan bahwa cadangan di Dompu masih dalam tahap eksplorasi," jelasnya.

(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading