Tahun Depan, Bayar Tol Cukup Pakai Sensor

News - Exist In Exist, CNBC Indonesia
12 May 2018 19:15
Tahun Depan, Bayar Tol Cukup Pakai Sensor
Jakarta, CNBC Indonesia - Tahun ini pemerintah telah menerapkan kebijakan pembayaran non tunai (cashless) di seluruh gerbang tol. 

Kedepannya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry TZ mengatakan segala bentuk transaksi fisik di jalan tol juga akan dihilangkan. Pengemudi cukup masuk ke gerbang tol elektronik melalui sensor yang terpasang atau sering disebut dengan istilah multiland freeflow. 

"Artinya target selanjutnya adalah bagaimana kita mencari badan usaha yang nantinya akan menyiapkan multiland free flow," ujarnya di ruas tol Gempol-Pasuruan, Sabtu (12/05/2018)


Badan usaha baru yang akan dibentuk, lanjutnya, akan bertugas untuk melakukan transaksi, berinvestasi menyiapkan infrastruktur dan teknologi, serta proses registrasinya.

"Umumnya di negara lain memang ada badan usahanya sendiri, kalau tidak nanti dia face to face seperti sekarang, banknya banyak, badan usahanya banyak. Biar lebih simple saja," kata Herry.

Rencananya, multiland freeflow ini akan dilakukan pelelangan pada tahun ini dan mulai diterapkan pada tahun depan.

"Proses lelangnya sekitar enam bulan, kita lagi siapkan dokumennya dan lain-lain. Nanti ini dilepas, badan usahanya akan mengusulkan dengan teknologi yang bisa menerapkan ini," kata Herry.

(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading