Merapi Meletus, Masyarakat Diimbau Tak Lakukan Pendakian

News - Raydion Subiantoro, CNBC Indonesia
11 May 2018 10:27
Merapi Meletus, Masyarakat Diimbau Tak Lakukan Pendakian
Jakarta, CNBC Indonesia - Gunung Merapi kembali erupsi pada hari ini, Jumat (11/5/2018), sekitar pukul 07.40 WIB.

Badan Geologi Kementerian ESDM dalam keterangan tertulisnya menyatakan erupsi berlangsung satu kali dan tidak diikuti erupsi susulan.

Erupsi setinggi 5.500 m tersebut juga diikuti dengan durasi kegempaan 5 menit.


Sekitar 2 jam sebelum erupsi atau pada pukul 06.00 WIB, Badan Geologi mencatat sempat ada peningkatan suhu kawah secara singkat pada pukul.

"Pasca erupsi, kegempaan yang terekam tidak mengalami perubahan dan suhu kawah mengalami penurunan. Status aktivitas Gunung Merapi hingga saat ini masih ditetapkan Level I [Normal]. Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan untuk sementara tidak melakukan pendakian ke Gunung Merapi," jelas Badan Geologi.


Sebelumnya, Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) menyatakan sampai saat ini penerbangan menuju Solo dan Yogyakarta masih aman.

Head of Communication AirAsia Indonesia Baskoro Adiwiyono juga mengatakan penerbangan AirAsia masih berjalan normal dan tidak terdampak meletusnya Gunung Merapi.

"Kami terus berkoordinasi dengan pihak bandara dan otoritas terkait untuk secara aktif senantiasa memantau situasi terkini," jelas Baskoro.
(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading