Ini Beberapa Kendala Program DP 0 Rupiah Gubernur Anies

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
05 May 2018 16:40
Ini Beberapa Kendala Program DP 0 Rupiah Gubernur Anies
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebanyak 21 pengembang properti berbagai segmen disebut telah meneken komitmen untuk mewujudkan janji program Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno terkait program DP 0 Rupiah.

Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Amran Lukman mengemukakan pihaknya telah melakukan pembicaraan dan konsinyering dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selama tiga hari untuk mengimplementasikan program untuk masyarakat berpendapatan rendah (MBR) ini.

"Ada 21 pengembang anggota kami yang sudah teken, mendukung. Memang tidak mudah ya, tapi harus berjalan," ujar Amran di sela Mandiri Property Expo di JCC, Sabtu (5/5/2018).


Dia menyebut, saat ini komitmen tersebut akan ditindaklanjuti dengan pengembangan proyek-proyek yang memungkinkan untuk dijadikan contoh program tersebut.

Meski demikian, Amran juga membeberkan sejumlah persoalan yang dihadapi oleh pengembang untuk merealisasikan secara penuh program itu.

Pertama, pembatasan harga jual di kisaran Rp 130 juta. Dia mengatakan, pembatasan harga jual bisa dilaksanakan apabila harga tanah di kawasan DKI Jakarta dan sekitarnya bisa dikendalikan.

"Bahan baku kami itu tanah. Tanah itu sepanjang tidak bisa dikendalikan, harga jualnya jangan dibatasi. Saat ini kita tidak bisa kita ngomongin harga rumah Rp 150 juta landed house di Jakarta," ungkapnya.

Kedua, adalah sosialiasi terhadap calon pembeli. Amran mengatakan mindset pembeli yang menginginkan rumah tapak di Jakarta harus diubah menjadi rumah susun.

Hal ini, lanjutnya, juga beriringan dengan pemahaman mengenai kemampuan membeli rumah bagi penduduk di Jakarta, yang utamanya adalah kaum muda.

"Harga hunian di Jakarta, taruhlah sedikit di atas Rp 300 juta, jadi cicilannya minimal Rp 2,5 juta. Jadi pendapatan ya minimal Rp 7,5 juta," katanya.

Untuk itu, dia menyatakan pemerintah juga perlu responsif dalam menangani hal ini. Amran menuturkan, bagi pengembang, energi untuk menjual rumah bagi MBR sama dengan menjual bagi kelompok lainnya.

"Effortnya sama, jadi harus ada insentif dong untuk pengembang. Yang jelas, REI DKI sangat berminat agar [DP Rp 0] ini bisa dilaksanakan."

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading