Internasional

Boeing Akan Akuisisi Perusahaan Komponen Aerospace Rp 43,2 T

News - Roy Franedya, CNBC Indonesia
02 May 2018 15:36
Akuisisi ini untuk menciptakan one-stop-shop dan memperluas bisnis jasa pesawat Boeing
Jakarta, CNBC Indonesia - Produsen pesawat terbang, Boeing Co akan membeli KLX Inc, perusahaan komponen aerospace secara tunai seharga US$3,2 miliar atau setara Rp 43,2 triliun (asumsi US$1 = Rp 13.500), untuk memperluas bisnis jasa pesawatnya.

Dengan akuisisi ini, Boeing akan memborong saham KLX Inc diharga US$63/saham (Rp 850.500/saham) dan meningkatkan valuasi KLX menjadi US$4,25 miliar (Rp 57,38 triliun), ini sudah termasuk utang bersih KLX senilai US$1 miliar (Rp 13,5 triliun). Rencana akuisisi ini diumumkan pada Selasa (1/5/2018).

Akuisisi ini bergantung pada keberhasilan divestasi dan pemisahan bisnis grup energi KLX, ujar manajemen KLX.


Saham KLX telah meningkat sekitar 24% sejak 22 Desember 2017, ketika perusahaan mengatakan akan meninjau strategi alternatif termasuk penjualan potensial.

Kepala Eksekutif Boeing Dennis Muilenburg mengatakan pekan lalu pertumbuhan layanannya akan dilengkapi dengan akuisisi strategis.

Manajemen Boeing mengatakan tidak akan ada perubahan pada panduan atau strategi penyebaran modal 2018 dan mengharapkan penghematan biaya tahunan sekitar US$70 juta pada 2021.

Tahun lalu, Boeing meluncurkan bisnis layanan global yang mengumumkan transaksi senilai hampir US$1 miliar pada bulan Februari untuk menangkap lebih banyak layanan dengan margin lebih tinggi dan pendapatan suku cadang.

KLX akan menjadi bagian dari Boeing Global Services dan akan digabung dengan Aviall, unit layanan Boeing yang mengurusi suku cadang, peralatan pesawat.

Penggabungan bisnis ini akan menyediakan layanan yang akan menguntungkan rantai pasokan dan pelanggan, kata Stan Deal, Kepala Eksekutif Boeing Global Services.
(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading