Nicke Siap Turuti Perintah Jokowi Soal BBM Premium

News - Rivi Satrianegara, CNBC Indonesia
20 April 2018 20:05
Nicke Siap Turuti Perintah Jokowi Soal BBM Premium
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo menginstruksikan jaminan ketersediaan pasokan BBM jenis premium di seluruh Indonesia, termasuk Jawa, Madura, dan Bali yang sebelumnya dikecualikan. 

Instruksi ini lahir karena menurut Presiden Jokowi sudah terdapat keluhan masyarakat akan pasokan BBM yang mulai langka. Tetapi, ketika terjadi kelangkaan atas pasokan premium, PT Pertamina (Persero) sempat berkali-kali mengatakan sulit bagi perusahaan mengganti infrastruktur tangki dari pertalite ke premium. Hal itu sempat dikatakan menjadi penyebab premium langka.





Akan tetapi, hal berbeda disampaikan Plt. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. Dia membantah infrastruktur akan menjadi kendala ketika nanti aturan premium wajib di Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) berlaku. Seperti diketahui, revisi atas Perpres 191/2014 tengah dalam proses agar nantinya premium kembali wajib di Jamali.


"Tidak masalah, itu bisa mixing. Sebagian besar tangki kami bisa multi-product, tinggal diatur ke sistemnya," kata Nicke di Kantor Kementerian ESDM, Jumat (20/4/2018).


Menurut Nicke, infrastruktur Pertamina sudah terbilang baik dari segi pengadaan pasokan BBM. Prosesnya pun dia sebut tidak sulit.


Selain itu, Nicke juga mengatakan akan memastikan pasokan BBM pula. Hal itu menjadi fokus utamanya dalam waktu dekat. "Sebentar lagi kan lebaran, kami akan pastikan keamanan pasokan," tutur Nicke.
(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading