'Shinkansen' Segera Dioperasikan di RI, Berapa Tarifnya?

News - Exist In Exist, CNBC Indonesia
19 April 2018 11:39
'Shinkansen' Segera Dioperasikan di RI, Berapa Tarifnya?
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Kereta Api Indonesia berencana mengoperasikan kereta serupa Shinkansen, KA cepat yang ada di Jepang.

Kereta itu memiliki desain yang mengutamakan aerodinamis dan dibangun oleh PT Industri Kereta Api (INKA) yang berkolaborasi dengan pabrikan pesawat PT Dirgantara Indonesia (PT DI).  

Kemampuan kereta ini di atas rata-rata, misalnya memiliki kecepatan maksimal hingga 160 km/jam atau di atas kereta konvensional saat ini hanya 90 km/jm hingga 110 km/jam.


Lalu, apakah tarif yang dibebankan ke penumpang menjadi lebih tinggi dari saat ini? 


Direktur Utama Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro mengaku pihaknya mengupayakan agar tarif tidak naik meskipun perusahaan melakukan peremajaan termasuk dengan kereta aerodinamis. 

"Kami berharap tarif masih sama, tidak naik," jelas Edi di kantor Transmedia, Rabu (19/4/2018). 

Adapun harga tiket kereta kelas eksekutif saat ini dari Jakarta - Surabaya berkisar Rp 375.000 hingga Rp 485.000 per orang untuk sekali jalan.  


Edi mengatakan kereta aerodinamis ini dapat melayani rute Jakarta - Surabaya hanya dengan 5-6 jam, sementara itu Jakarta - Semarang dengan 3 jam.

Waktu tempuh ini dengan catatan sterilnya lintasan sebidang di sepanjang rute.
 

Dia menuturkan peremajaan armada ini memang salah satu misi dalam memodernisasi PT Kereta Api Indonesia secara keseluruhan, selain juga mendorong pengembangan PT INKA.   

(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading