'Shinkansen' Mampu Tempuh Jakarta - Surabaya dalam 5 Jam

News - Exist In Exist, CNBC Indonesia
19 April 2018 09:38
'Shinkansen' Mampu Tempuh Jakarta - Surabaya dalam 5 Jam
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Kereta Api Indonesia tengah memesan kereta yang memiliki desain mengutamakan aerodinamis serupa KA cepat Shinkansen di Jepang.  

Rencananya, kereta aerodinamis itu tiba akhir April dikirim dari pabrik PT Industri Kereta Api (INKA) di Madiun, Jawa Timur. Adapun INKA berkolaborasi dengan pabrikan pesawat PT Dirgantara Indonesia dalam membangun kereta aerodinamis itu.  

Direktur Utama Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro mengatakan kecepatan maksimal kereta aerodinamis itu mencapai 150 km/jam hingga 160 km/jam, atau lebih cepat dari kereta konvensional sebatas 90 km/jam - 110 km/jam. 


Dengan kecepatan itu rute Jakarta ke Semarang dapat ditempuh dalam waktu 3 jam, bahkan Jakarta - Surabaya hanya 5 jam atau lebih cepat dari kereta eksekutif saat ini mencapai sekitar 12 jam.

"Saya minta kecepatan maksimumnya 160 km/jam, sekarang kan baru 110-120 km/jam, kalau kecepatan maksimum dan kita berasumsi relnya juga mampu, Jakarta-Surabaya itu paling 5-6 jam, Jakarta-Semarang paling 3 jam," tuturnya. 


Namun, jelas dia, waktu tempuh itu juga mempertimbangkan bebasnya lintasan sebidang di sepanjang jalur kereta. 

Saat ini Kereta Api Indonesia telah memesan 10 trainset kereta aerodinamis kepada PT INKA. Edi mengatakan desain baru ini akan serupa dengan desain kereta asal Jepang dan mempunya moncong yang mirip dengan pesawat.

(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading