AP II Targetkan Volume Kargo 1,5 Juta Ton di 2025

News - Samuel Pablo, CNBC Indonesia
15 April 2018 19:23
AP II Targetkan Volume Kargo 1,5 Juta Ton di 2025
Tangerang, CNBC Indonesia- Kementerian Perhubungan fokus mengembangkan kapasitas Bandara Soekarno Hatta baik dari sisi penumpang maupun kargo.

"Soekarno-Hatta akan meningkatkan kapasitas penumpangnya dari 63 juta menjadi kurang lebih 100 juta penumpang di 2025. Kita juga sedang membangun cargo village untuk meningkatkan kapasitas kargo," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Bandara Soekarno Hatta, Minggu (15/4/2018).




Terkait peningkatan kapasitas kargo, Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan kapasitas kargo Bandara Soetta saat ini sekitar 800 ribu ton/tahun dan pada tahun lalu realisasinya sudah mencapai sekitar 760 ribu ton/tahun.

"Jadi memang sudah mentok ya, kita sudah nggak bisa ngapa-ngapain lagi selain bangun fasilitas kargo baru," ujar Awaluddin dalam kesempatan yang sama.

Dalam rangka itu, Angkasa Pura II sedang membangun fasilitas kargo baru seluas 90 hektar di atas lahan Bandara Soekarno Hatta yang sudah ada saat ini. 

Pembangunannya sendiri dilakukan dalam dua tahap, yakni pembangunan parkiran pesawat (apron) cargo village untuk sisi udara seluas 15 hektar, yang dilanjutkan dengan pembangunan gudang logistik (logistic warehouse) dan diasumsikan selesai pada September 2019. "Saat ini selesai, target kami volume kargo Soekarno-Hatta pada 2025 akan mencapai 1,5 juta ton per tahunnya," kata Awaluddin. (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading