Pujian Bos AirAsia: Jokowi Investasi Terbaik yang Pernah Ada

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
09 April 2018 16:06
CEO AirAsia Group Tony Fernandes sering terlihat mengunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara
Kuala Lumpur, CNBC Indonesia - CEO AirAsia Group Tony Fernandes sering terlihat mengunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara namun keduanya selalu menolak menjawab bila ditanya keperluan pertemuan itu oleh wartawan.

Dalam wawancara khusus dengan CNBC Indonesia di Kuala Lumpur, Malaysia, hari Jumat (6/4/2018), Fernandes menjelaskan hal-hal yang dibicarakan dalam berbagai pertemuan dengan Kepala Negara termasuk hubungannya dengan mantan pengusaha furnitur itu.

"Saya tidak akan mengatakan kami berteman, [sebab] saya tidak bisa mengiriminya pesan WhatsApp," ujar Fernandes sambil tertawa. "Namun, ia mungkin pemimpin yang dengannya saya memiliki hubungan paling dekat, yang telah saya kenal sejak lama. Ia seorang yang baik."


“Itu adalah investasi terbesar yang pernah ada.” Tony Fernandes
Ia lalu menceritakan satu peristiwa yang membuat Jokowi menjadi seorang tokoh yang begitu berkesan baginya.

Ketika Jokowi masih menjabat sebagai Walikota Solo, Fernandes membatalkan rute penerbangan AirAsia menuju Solo. Sang walikota ternyata meneleponnya dan meminta bertemu dengannya.

"Saya terkesan seorang Walikota menelepon saya untuk memperjuangkan sebuah rute dan datang menemui saya. Ia sangat rendah hati dan sederhana," katanya.

"Seseorang mengatakan pada saya ia akan jadi Presiden. Tentu saja saya tertawa namun dua tahun kemudian ia benar-benar jadi Presiden Indonesia," ucapnya. "Itu adalah investasi terbesar yang pernah ada."

Ia mengaku datang ke Istana bukan hanya untuk berbincang ringan sebab Jokowi yang memimpin suatu negara tentulah sangat sibuk. Fernandes mengatakan Presiden ingin maskapainya ikut ambil bagian mengembangkan pariwisata yang digadang-gadang menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru.

"Ia ingin AirAsia menjadi salah satu maskapai yang ikut mengembangkan pariwisata. Jadi, kami secara tulus membicarakan tentang bagaimana membuat pariwisata menjadi lebih baik bagi Indonesia dan jujur saja, kami berpengalaman," kata Fernandes.

"Indonesia adalah negeri yang sangat mengagumkan. Namun, jika kamu meminta seseorang menyebut satu tempat di Indonesia, mereka akan menyebut Bali. Tapi Bali hanyalah satu dari begitu banyak tempat mengagumkan di Indonesia," tambahnya.


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading