Tony Fernandes Bicara Soal Rusdi Kirana dan Lion Air

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
09 April 2018 10:30
AirAsia mengandalkan jaringan internasional untuk bersaing dengan maskapai lain seperti Lion Air.
Jakarta, CNBC Indonesia -Sebagai maskapai yang sama-sama menawarkan biaya murah, AirAsia dan Lion Air menyasar porsi kue yang sama di Indonesia. 

Namun, AirAsia yang berbasis di Malaysia itu menyebut kedua perusahaan sebenarnya memiliki pasar dan keunggulannya masing-masing. 

"Kami tidak benar-benar berkompetisi. Lion Air sangat kuat di pasar domestik dan juga Citilink," kata CEO AirAsia Group Tony Fernandes dalam wawancara khusus dengan CNBC Indonesia di Kuala Lumpur, Malaysia, hari Jumat (6/4/2018) lalu. 



"Kami kecil di dalam negeri namun kami adalah sebuah maskapai internasional. Kekuatan kami di Indonesia adalah jaringan kami. Kami menghubungkan [Indonesia] dengan Kuala Lumpur, Bangkok, dan berbagai destinasi lainnya," tambahnya. 

Ia juga mengatakan mengenal pendiri Lion Air, Rusdi Kirana, yang saat ini menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Malaysia. 

"Kami berteman," kata Fernandes. "Kompetitor akan selalu menjadi kompetitor. Kami akan selalu berusaha untuk menang namun kami dapat menjadi teman baik juga." 

Pengusaha yang juga menjadi pemilik klub sepakbola asal Inggris, Queens Park Rangers ini mengatakan berbagai maskapai justru harus saling bekerja sama untuk menciptakan industri penerbangan yang lebih baik. 

"Saya pernah berkunjung ke cafe Lion Air di Jakarta. Percayakah Anda?" ujarnya.  

"Saya tidak pernah bermimpi bisa berada di cafe Lion Air. Semua orang menggunakan seragam Lion Air dan itu adalah pengalaman yang mengerikan untuk saya," tambahnya sambil tertawa. 

Walaupun menyebut dirinya berteman dengan Rusdi Kirana, Fernandes mengaku belum pernah terbang menggunakan Lion Air. Di lain pihak, Rusdi sudah pernah menumpang penerbangan milik maskapainya. "Mungkin suatu hari nanti," kata Fernandes.
(ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading