Internasional

China Siapkan Rp 877 T Tahun Ini Guna Hapus Kemiskinan

News - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
01 April 2018 19:30
China Siapkan Rp 877 T Tahun Ini Guna Hapus Kemiskinan
Beijing, CNBC Indonesia - China Development Bank berencana untuk menyalurkan dana sebesar 400 miliar yuan (US$63,77 miliar atau senilai Rp 877 triliun) untuk mendukung proyek pengentasan kemiskinan pada tahun ini, menurut kantor berita Xinhua pada hari Minggu (1/4/2018) yang dikutip oleh Reuters.

Bank tersebut akan membiayai proyek-proyek seperti pembangunan infrastruktur, relokasi warga negara miskin, pengembangan industri lokal, serta layanan kesehatan dan pendidikan di daerah yang dilanda kemiskinan.

Beijing telah menyatakan kemiskinan sebagai salah satu dari "tiga pertarungan kritis", disamping pencegahan risiko dan polusi.




Sebelumnya, Perdana Menteri Li Keqiang menyatakan dalam laporan kerja bulan Maretnya ke parlemen bahwa tiga hal tersebut tersebut adalah kunci untuk membangun "masyarakat yang cukup sejahtera di semua aspek."

China memiliki target untuk mengurangi jumlah penduduk miskin di daerah pedesaan hingga lebih dari 10 juta orang pada 2018, termasuk 2,8 juta orang yang akan direlokasi dari daerah tidak layak tinggal. Pemerintah China sendiri telah menyatakan ingin mengentaskan kemiskinan pada 2020.

Lebih dari 68,5 juta penduduk terpencil di China keluar dari garis kemiskinan dalam jangka waktu antara akhir 2012 sampai dengan akhir 2017, tulis Xinhua. Hal tersebut membuat rasio kemiskinan nasional turun dari 10,2% menjadi 3,1%. (ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading