Ini Profil Djoko Siswanto, Dirjen Migas Kementerian ESDM

News - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
28 March 2018 11:22
Ini Profil Djoko Siswanto, Dirjen Migas Kementerian ESDM
Jakarta, CNBC Indonesia- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan melantik Djoko Siswanto sebagai Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi hari ini, Rabu (28/3/2018).

Nama Djoko sendiri sebenarnya tidak asing di lingkungan migas dan Kementerian ESDM. Sebelum dilantik sebagai Dirjen Migas, Djoko pernah menempati berbagai posisi strategis di berbagai lembaga seperti Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan juga Badan Pengatur Hilir dan Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).




Penempatannya di kedua instansi ini bisa dibilang menguatkan kompetensinya baik di sektor hulu maupun hilir migas.

Djoko sebenarnya juga bukan orang baru di Kementerian ESDM, Tahun 1992 ia berkontribusi di kementerian khususnya di direktorat teknik dirjen migas yang bertugas melakukan inspeksi lapangan kegiatan dan keselamata kerja.

Tak heran jika Menteri Jonan mengatakan bahwa dilantiknya Djoko hari ini artinya ia pulang ke Kementerian. "Pak Siswanto pulang, sebelumnya di SKK Migas," kata Jonan.

Adapun berbagai posisi yang pernah dijabat Djoko Siswanto adalah sebagai berikut;

Anggota Pokja Direktorat BBM BPH Migas , 2004-2008
Direktur BBM BPH Migas, 2011-2013
Sekretaris BPH Migas, 2013-2015
Direktur Gas Bumi BPH Migas , 2014-2015
Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Kementerian ESDM, 2015-2016
Deputi Pengendalian Pengadaan SKK Migas , 2018-2018

Selain posisi strategis di atas, Djoko juga memiliki peran penting dalam membongkar praktik mafia migas dengan bergabung dalam Tim Reformasi Tata Kelola Migas yang digawangi oleh Faisal Basri ketika Sudirman Said masih menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading