Dua Tahun Lagi, 80% Komponen Kereta Produksi Dalam Negeri

News - Exist In Exist, CNBC Indonesia
22 March 2018 13:12
Dua Tahun Lagi, 80% Komponen Kereta Produksi Dalam Negeri
Jakarta, CNBC Indonesia -  Pemerintah terus mendorong penggunaan produk dalam negeri (domestik) dalam pembangunan infrastruktur termasuk moda transportasi massal di sektor perkeretaapian.

Staf Ahli Menteri Bidang Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri Kementerian Perindustrian Imam Haryono menargetkan dua tahun ke depan 80% komponen kereta api dapat dipenuhi oleh industri pendukung komponen dalam negeri.

"Saat ini industri penunjang komponen dalam negeri mampu menunjang 70% kebutuhan industri kereta api Indonesia. Diharapkan 2 tahun ke depan mampu 80% dari total kebutuhan komponen dalam negeri," ujarnya dalam Konferensi Kereta Api Nasional 2018 di Jakarta Internasional Expo, Kamis (22/3/2018).


Imam menjelaskan hal ini diharapkan dapat berdampak positif terhadap industri kecil menengah (IKM) di sektor perkeretaapian.

"Pada tahun 2016 Kementerian Perindustrian meresmikan asosiasi manufaktur dan penunjang perkeretaapian. Ada logam, karet, di situ ada INKA sebagai integrator. Asosiasi ini diharapkan mampu mendukung komponen industri dalam negeri," jelas dia.

Oleh karena itu, lanjut Imam, PT INKA sebagai perusahaan yang memproduksi kereta api diharapkan juga bisa lebih membuka diri untuk melibatkan IKM perkeretaapian.  (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading