Internasional

Wina Masih Jadi Kota Terbaik di Dunia, Baghdad Paling Buruk

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
20 March 2018 16:41
Peringkat negara Eropa Timur naik

Peringkat negara Eropa Timur naik

Setahun sebelum Inggris diperkirakan akan meninggalkan Uni Eropa, kota dengan peringkat tertinggi negara tersebut, London, turun satu peringkat ke posisi 41 di banding tahun sebelumnya. 

"Kota-kota di Inggris terus berada di posisi atas untuk kategori kualitas hidup terbaik, dan tetap menjadi tujuan yang menarik bagi perusahaan multinasional dan pegawainya," ujar Kate Fitzpatrick, Pemimpin Praktek Mobilitas Global Mercer untuk Inggris dan Irlandia, Senin (19/3/2018).

Selama 20 tahun terakhir, standar hidup meningkat paling banyak di beberapa kota di Eropa timur, seperti Sarajevo, yang sekarang ini berada di posisi 159, dan Bratislava, di urutan 80. 


"Sebagai hasil dari peningkatan standar hidup, pasar tenaga kerja yang kompetitif dan ketersediaan bakat, banyak dari kota-kota ini telah mulai menarik bisnis multinasional yang mengatur operasi baru," ujar Martine Ferland, Presiden Eropa dan Pasifik.

Bagdad yang terus berada di posisi terbawah dalam survei tersebut, sama seperti tahun ini, berhasil menyandang gelar sebagai kota terburuk untuk ditinggali, selama satu dekade. Gelombang kekerasan sektarian telah melanda kota tersebut sejak invasi pimpinan Amerika pada tahun 2003. 

Ibu kota Yaman, Sanaa, yang hancur akibat konflik, berada di peringkat dua terbawah di atas Baghdad, dan Damaskus, Suriah, dimana selama tujuh tahun ini menjadi tempat perang saudara, berada di peringkat ke enam, di atas ibukota Irak. (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading