Bank Sudah Tancap Gas Salurkan KUR di Awal Tahun

News - gita rossiana, CNBC Indonesia
20 March 2018 12:04
Bank Sudah Tancap Gas Salurkan KUR di Awal Tahun
Jakarta, CNBC Indonesia - Baru dua bulan berlalu, sejumlah bank sudah aktif menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR). Nilainya pun mencapai lebih dari 10% alokasi KUR untuk tahun ini.

Bank pertama adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang telah menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp 13,8 triliun hingga Februari 2018. Nilai tersebut mencapai 17,4% dari alokasi KUR BRI tahun 2018 sebesar Rp 79,5 Triliun.

Menurut Sekretaris Perusahaan Bank BRI Bambang Tribaroto, KUR sebesar Rp 13,8 triliun disalurkan kepada lebih dari 680.000 debitur.


"Dari total tersebut, sebanyak Rp 5,3 triliun kami salurkan ke sektor produktif," jelas dia dalam keterangan tertulis yang diterima CNBC Indonesia, Selasa (20/3/2018).

Para debitur yang menerima penyaluran KUR di sektor produktif berasal dari berbagai sektor seperti pertanian, kelautan dan perikanan, kehutanan dan industri kecil lainnya.

Bambang melanjutkan, pihaknya akan terus meningkatkan jangkauan KUR di sektor produktif sehingga semakin banyak UMKM yang dapat menerima manfaat dari fasilitas KUR ini.

"Kami akan terus berupaya agar penyaluran KUR BRI di sektor produktif mencapai 50 persen sesuai dengan yang sudah ditargetkan pemerintah," tutur dia.

Lebih lanjut, penyebaran penyaluran KUR tersebut merata di seluruh wilayah Indonesia. "Kami terus berkomitmen untuk pemberdayaan dan pendampingan UMKM, terbukti kami berhasil menaikkan kelas 220.000 debitur, yang semula debitur KUR menjadi debitur komersial," imbuh dia.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Rohan Hafas menjelaskan, per Februari 2018, Bank Mandiri sudah menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp 1,93 triliun kepada 33,145 debitur. Nilai tersebut mencapai 13,3% dari target 2018 yang sebesar Rp 14,56 triliun.

Menurut Rohan, dengan adanya penurunan bunga KUR menjadi 7% akan memudahkan masyarakat untuk mengajukan KUR. Hal tersebut juga bisa memudahkan perbankan untuk menawarkan KUR ke masyarakat yang pada akhirnya akan semakin banyak pengusaha kecil yang dapat mengakses kredit dengan suku bunga rendah.

Adapun strategi Bank Mandiri dalam meyalurkan KUR di 2018 ini tetap berfokus penyaluran ke sektor produksi, seperti pertanian, perikanan, industri pengolahan dan jasa produksi.

"Kami mengambil basis calon debitur KUR yang merupakan mitra binaan dari nasabah corporate dan commercial banking yang selama ini telah menjadi nasabah kami," jelas dia.

Bank Mandiri juga memanfaatkan keberadaan kelompok tani ataupun koperasi dan bermitra dengan mereka untuk menyalurkan KUR kepada anggotanya. "Selain menyalurkan kami juga aktif melakukan pembekalan sekaligus pendampingan debitur KUR dalam rangka meningkatkan kapasitas debitur KUR sehingga mampu naik kelas ke kredit komersial dengan limit yang bisa lebih besar," ujar dia. (dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading