Pertamina: Pemerintah Mau Bensin Euro IV atau Masih RON 88?

News - Rivi Satrianegara, CNBC Indonesia
19 March 2018 15:15
Pertamina: Pemerintah Mau Bensin Euro IV atau Masih RON 88?
Jakarta, CNBC Indonesia- PT Pertamina (Persero) mengaku serba salah dalam urusan memproduksi bahan bakar minyak (BBM). Di satu sisi pemerintah meminta BUMN ini mulai produksi bensin berstandar Euro IV, tapi di sisi lain juga diminta mencukupi kebutuhan bensin RON 88 alias premium.

"Ini membingungkan karena dari Kementerian Lingkungan Hidup sudah minta Euro IV, tapi bensin premium masih RON 88," ujar Direktur Pertamina Elia Massa Manik dalam paparannya di Komisi VII DPR RI, Senin (19/3/2018).




Massa mengatakan dorongan untuk segera menyediakan bensin berstandar Euro IV semakin kuat, apalagi dengan adanya Asian Games. Pertamina, kata dia, juga berupaya untuk merespon keinginan pemerintah dengan mengerjakan proyek Langit Biru Cilacap yang diharapkan bisa mulai produksi Desember ini.

Tetapi, jika memproduksi bensin standar Euro IV artinya bensin dengan minimal Oktan 91 maka produksi BBM di Kilang Cilacap dampaknya akan berkurang. "Kilang Cilacap tidak bisa lagi produksi Euro 2. Jadi Mohon konsistensi, kami Pertamina tergantung regulasi yang ada," kata Massa.

Masalahnya, bensin premium masih merupakan jenis bensin yang paling banyak dikonsumsi masyarakat saat ini dan pemerintah meminta untuk tidak ada kelangkaan. Sementara regulasi lain meminta Pertamina untuk produksi bensin Euro IV. "Kalau eksekusi itu harus ada kesamaan." (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading