Produk Turunan CPO Dilarang, Indonesia Protes Ke Norwegia

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
16 March 2018 20:41
Pemerintah menganggap pelarangan penggunaan produk turunan CPO oleh Norwegia sebagai bentuk pembangunan opini negatif pada Indonesia.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memastikan akan melancarkan protes kepada Norwegia yang berencana melakukan pelarangan terhadap produk turunan minyak sawit mentah (CPO) Indonesia. 

Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan Norwegia saat ini tengah membangun opini negatif tentang CPO Indonesia. 

"Sekarang posisinya mereka memerangi penggunaan sawit dengan cara membangun opini negatif. Kita protes lah. Harus bertindak," ungkapnya di kantor Kemenko Perekonomian, Jumat (16/3/2018).


Dia menambahkan, dari sisi volume dan nominal, ekspor CPO ke Norwegia relatif tidak signifikan. Namun, tuturnya, impresi atau persepsi publik internasional terhadap CPO Indonesia akan terdampak besar oleh kampanye Norwegia tersebut. 


"Intinya perang dagang saat ini dan sebetulnya ada impresi negatif terhadap komoditas sawit. Itu yang paling parah. Karena dengan disebutkan impresi negatif seperti itu masa mendatang, generasi selanjutnya gak mau beli. Itu kan yang parah."
Artikel Selanjutnya

Batalkan Pelarangan CPO, Luhut Akan Lobi Parlemen Uni Eropa


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading