Internasioanal

Biaya Sekolah Termahal Sedunia, Alasan AS Beri Student Loan

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
16 March 2018 20:28
Munculnya student loan karena tingginya biaya pendidikan di AS. Bahkan AS menjadi negara dengan biaya pendidikan termahal di dunia baik.
Jakarta, CNBC Indonesia - Student loan atau pinjaman pendidikan untuk menempuh pendidikan di universitas Amerika Serikat (AS) menjadi salah satu perhatian pemerintah dan Parlemen AS. Alasannya, student loan dianggap bisa menjadi salah satu penghambat pertumbuhan ekonomi AS di masa mendatang.

Munculnya student loan karena tingginya biaya pendidikan di AS. Bahkan AS menjadi negara dengan biaya pendidikan termahal di dunia baik untuk perguruan tinggi swasta maupun negeri. Hal ini merupakan hasil dari penelitian dari Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) pada 35 negara anggotanya.

Pada tahun 2016-2017, rata-rata biaya pendidikan perguruan tinggi negeri di AS mencapai US$ 8.202/ tahun atau setara Rp 110,73 juta. Biaya pendidikan tertinggi kedua diduduki Chile sebesar US$ 7.654/ tahun (Rp 103,33 juta).


Untuk perguruan tinggi swasta biaya pendidikannya pasti lebih tinggi. Rata-rata biaya pendidikan perguruan tinggi swasta di AS sampai US$ 21.189/tahun (Rp 286,05 juta).

Sebagai perbandingan, Bisnis Insider mencoba membandingkan dengan Inggris. OECD memperkirakan biaya pendidikan universitas swasta di negeri Ratu Elisabeth ini mencapai US$ 12.000/ tahun (Rp 162 juta).

Sebagai besar anggota OECD merupakan negara maju dengan tingkat pendapatan, namun ada juga negara-negara berkembang di dalam organisasi ini untuk mempromosikan ide demokrasi ideal. Negeri seperti China dan Singapura tidak termasuk dalam OECD namun biaya pendidikannya tidak setinggi AS meski masuk kategori negara maju dengan perekonomian yang baik.
Artikel Selanjutnya

Sekolah Internasional Menjamur, Biaya Hingga Rp 600 Juta


(roy/roy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading