RI Mulai Lobi India Soal Bea Masuk CPO

News - Samuel Pablo, CNBC Indonesia
16 March 2018 14:35
RI Mulai Lobi India Soal Bea Masuk CPO
Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia menyesalkan sikap India yang menaikkan bea masuk minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dari 30% menjadi 44% mulai awal bulan ini.  

Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pemerintah tengah melobi Menteri Perdagangan India agar bea masuk Indonesia dapat dikurangi.  

Selama ini, jelas Darmin, Indonesia selalu menuruti permintaan India untuk mengimpor daging dan beras, namun negara itu kini justru mengenakan bea masuk tinggi untuk CPO dari Tanah Air.  


"Kami sedang mencoba minta Menteri Perdagangan yang bicara, kan kita sama-sama negara emerging. Tadinya kan mereka selalu ingatkan 'impor lah daging', kita impor. Nah, abis itu 'impor lah beras', kita impor juga," ujarnya, Jumat (16/3/2018). 


Berdasarkan data BPS, India merupakan pasar terbesar ekspor CPO RI dengan nilai US$ 4,9 miliar atau sebanyak 7,32 juta ton.  

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan RI berlum perlu melakukan tindakan balasan karena sejauh ini kebijakan India tidak diskriminatif.    (ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading