BUMN Karya Terlalu Dominan, 50% Kontraktor Swasta Tutup

News - Exist In Exist, CNBC Indonesia 14 March 2018 17:51
BUMN Karya Terlalu Dominan, 50% Kontraktor Swasta Tutup
Jakarta, CNBC Indonesia - Dominasi BUMN Karya pada proyek infrastruktur ternyata berdampak negatif pada kontraktor swasta. Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) mencatat sekitar 50% kontraktor swasta nasional bangkrut.

Wakil Ketua Umum III Gapensi Bambang Rahmadi mengatakan angka tersebut dilihat dari penurunan anggota asosiasi dari 80.000 anggota menjadi sekitar 43.000 anggota dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

"Itu berarti turun terus, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Karena tidak ada kerjaan akhirnya tutup, atau ada kerjaan tidak dibayar kan lama-lama bangkrut juga. Itu fakta," ujarnya di Restoran Batik Kuring, Rabu (14/3/2018).


Oleh karena itu, Bambang mengharapkan agar pemerintah dapat memberikan porsi yang imbang antara swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam pengerjaan proyek infrastruktur.

"Niat pemerintah sekarang kan genjot infrastruktur. Ayo dong peran swasta libatkan. Coba yang dapat penugasan tol Trans Sumatera PT Hutama Karya, yang sub kontraktornya PT Waskita Karya, PT PP, dan lain-lain, kan sama saja," kata dia.
(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading