Kemenhub Siapkan 20 Kapal Baru untuk Mudik Gratis Lebaran

News - Exist In Exist, CNBC Indonesia
14 March 2018 12:55
Kemenhub Siapkan 20 Kapal Baru untuk Mudik Gratis Lebaran
Jakarta, CNBC Indonesia- Kementerian Perhubungan menyiapkan 20 kapal laut yang dapat digunakan untuk mudik gratis saat masa libur Lebaran pada rute Jakarta-Surabaya dan Jakarta - Semarang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan saat ini progres pembangunan kapal tersebut sudah mencapai 80% dan akan selesai pada bulan April 2018.


"Kita akan sediakan 20 kapal dari Jakarta-Surabaya dan Semarang untuk mudik gratis. Oleh karenanya kata sinergi itu jangan hanya kita ucapkan, tapi juga kita lakukan," kata Budi di Hotel Bidakara, Rabu (14/3/2018).


Selain menyediakan angkutan kapal, Budi menjelaskan pihaknya juga menyiapkan hal lain yang dibutuhkan untuk kelancaran mudik lebaran di darat, seperti memastikan keselamatan.

"Untuk keselamatan kita akan memperbaiki kualitas sarana,  menambah rambu di tempat yang berpotensi kecelakaan, bekerja sama dengan Organda untuk mendata truk, jenis truk apa yang menimbulkan kecelakan, dan melakukan penegakan hukum untuk yang oversize kita lakukan juga," paparnya.

Sementara itu, untuk memghindari kepadatan kendaraan saat mudik lebaran, Budi mengatakan pihaknya juga akan melakukan pengaturan waktu libur lebaran.

"Untuk manajemen waktu kita akan lakukan selama mungkin masa mudik itu bisa dilakukan, contohnya libur anak-anak kita buat jadi lebih awal, supaya bisa pulang duluan. Mulai minggu depan Dirjen Darat dan Korlantas akan menyiapkan konsep perjalanan mudik. Kita harapkan mudik tahun ini bisa lebih baik dari tahun lalu," jelas Budi. (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading