Pemerintah Ingin Tahan Harga BBM Hingga Akhir 2019

News - Rivi Satrianegara, CNBC Indonesia
26 February 2018 21:54
Pemerintah Ingin Tahan Harga BBM Hingga Akhir 2019
Jakarta, CNBC Indonesia- Pemerintah berencana menahan harga BBM jenis premium dan solar hingga akhir tahun 2019.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Migas Ego Syahrial mengatakan hal itu dilakukan dengan alasan melihat daya beli masyarakat. "Nanti ada mekanisme, APBN-P atu apa, selama ini kita seperti solar kan subsidi pasti Rp 500," kata Ego di Kantor Kementerian ESDM, Senin (26/2/2018).

Terkait harga minyak mentah yang sedang naik dan memiliki kemungkinan besar untuk bergerak hingga akhir 2019, Ego mengaku akan menjadi pertimbangan. Namun, hal tersebut diambil bila pergerakan harga minyak cukup signifikan.


"Sekarang kan naik, tapi kan tetap turun sedikit lagi. Kalau tiba-tiba cukup signifikan dan bisa berdampak luas, tentunya pemerintah akan mempertimbangkan aspek fiskal," terang Ego.

Sebelumnya, pemerintah juga berencana untuk menahan tarif listrik. Hal tersebut disampaikan Menteri ESDM Ignasius Jonan pada pekan lalu, setelah melakukan perbincangan dengan Presiden Joko Widodo.

"Ini bukan karena tahun politik, tapi karena pemerintah harus mempertimbangkan daya beli masyarakat," kata Jonan, Kamis (22/02/2018). (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading