Menperin: Seluruh Industri Pionir Harus Dapat Tax Allowance

News - Gita Rossiana, CNBC Indonesia
21 February 2018 13:57
Menperin: Seluruh Industri Pionir Harus Dapat Tax Allowance
Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Perindustrian mengusulkan semua industri yang sifatnya pionir bisa mendapatkan insentif berupa tax allowance (pengurangan pajak). Tax allowance tersebut tidak hanya diberikan kepada industri baru saja, tetapi juga menyentuh industri eksisting yang akan melakukan ekspansi.

Industri pionir sendiri adalah yang memiliki nilai strategis bagi perekonomian nasional, memberi nilai tambah, memperkenalkan teknologi baru, serta memiliki keterkaitan yang luas. 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjelaskan adanya pemberian insentif pajak ini bertujuan untuk memperluas investasi.


“Untuk memperluas investasi. Kami juga akan mengusulkan adanya proses perizinan satu pintu (PTSP),” ujar dia saat ditemui dalam acara Quo Vadis, Ekonomi Digital Indonesia di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (21/2/2018).


Insentif fiskal, jelas Menperin, diantaranya diberikan bagi perusahaan yang mengembangkan riset dan pengembangan di Indonesia.

Airlangga mengatakan syarat pemberian tax allowance juga memperhatikan jumlah orang yang dipekerjakan.

Salah satu industri pionir yang bisa mendapatkan tax allowance adalah untuk industri otomotif. Menurut Airlangga, pihaknya ingin menjadikan Indonesia sebagai basis industri otomotif. Pada akhir Maret mendatang, Indonesia mulai melakukan ekspor otomotif ke Vietnam, Malaysia, Timur Tengah bahkan ke Amerika Selatan.
(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading