Tiang Tol Becakayu Roboh, Jokowi: Segera Perketat Pengawasan

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
20 February 2018 10:51
Presiden Jokowi meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengevaluasi kasus robohnya tiang Becakayu.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengevaluasi kasus robohnya Bekisting Pier Head proyek jalan tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu (Becakayu). Presiden meminta pengawasan diperketat.

"Ini akan dievaluasi oleh Menteri PUPR," kata Jokowi di Istana Negara, Selasa (20/2/2018).

Jokowi juga meminta Kementerian PUPR untuk memperketat pengawasan terhadap seluruh proyek infrastruktur.


"Ya tadi pagi saya sudah sampaikan ke Kementerian PUPR, pengawasannya agar diperketat. Saya hanya sampaikan itu saja. Pengawasan terhadap infrastruktur, konstruksinya, terutama konstruksi-konstruksi di atas memerlukan pengawasan yang lebih ketat lagi, karena pembangunan kita ini kan tidak hanya di satu tempat, banyak sekali tempat," papar Jokowi.

Kepala Negara mengatakan, seluruh proyek infrastruktur memang harus memerlukan pengawasan yang rutin. Diharapkan kelalaian bisa diminimalisir.

"Ada yang fly over, ada yang LRT, ada yang jalan tol layang, sehingga memerlukan pengawasan yang rutin, yang ketat dan kita harapkan dengan pengawasan seperti itu baik kelalaian, baik kesalahan-kesalahan mendirikan komponen-komponen yang mendukung, konstruksi itu betul-betul terawasi satu-persatu. Memang pekerjaan itu pekerjaan detil. Tidak mungkin itu diawasi sambil lalu. Itu sudah saya sampaikan tadi pagi," demikian penjelasan Jokowi lebih jauh.



Bekistiing Pier Head Becakayu roboh pada pukul 03.00 WIB dini hari tadi, Senin (20/2/2018).  Proyek tol yang termasuk salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan nilai kontrak Rp 7,23 triliun itu dikerjakan oleh PT Waskita Karya Tbk (WSKT).

Melalui siaran pers, Waskita Karya menjelaskan kronologi robohnya pier head itu. Waskita Karya menyatakan, Kejadian tersebut dimulai ketika dilakukan pengecoran pier head PCB 34 dengan kondisi beton masih basah.


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading