Mentan: Stok Beras Aman Hingga Maret

News - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
29 January 2018 10:54
Mentan: Stok Beras Aman Hingga Maret
Jakarta, CNBC Indonesia — Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan pasokan beras akan aman hingga Maret 2018. Penyebabnya, pasokan beras masih lebih besar ketimbang konsumsi.

Berdasarkan data Kementan, selama Januari-Maret 2018 ketersedian beras nasional mencapai 14,6 juta ton. Adapun kebutuhan beras masyarakat per bulan sekitar 2,5 juta ton. Artinya dalam hingga Maret 2018 konsumsi masyarakat mencapai 7,5 juta ton.

“Kalau dirjennya (Kementan) bilangnya segitu ya segitu, buktinya harga (beras dan gabah) jatuh kan hari ini,” ujar Amran Sulaiman di Gedung Kementrian Pertanian, Senin (29/1/2018).


Saat ini Kementan sedang memantau beberapa wilayah penghasil panen gabah di seluruh Indonesia yang akan berlangsung pada Februari hingga Mei 2018.


“Saya akan ke Palembang dulu ya (memantau panen raya),” ujar Amran.

Dengan adanya panen raya kali ini, pihaknya menargetkan produksi gabah di tahun ini sesuai dengan target Kementerian Pertanian yaitu lebih 80 juta ton gabah.

“Aku produksi lebih dari tahun lalu ya (77 ton), rencana diatas 80 untuk gabah”tambah Amran.


Sebelumnya Kementrian Pertanian melalui Kepala Badan Ketahanan Pangan , Agung Hendriadi. Mengatakan pasokan beras yang surplus pada periode Januari hingga Maret 2018.

Rincian surplusnya berat tersebut diantaranya di Januari surplus sekitar 329.000 ton, Februari 2,9 juta ton dan Maret sekitar 4,9 juta ton.
(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading