Mentan: Harga Beras Mulai Turun

News - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
29 January 2018 10:20
Mentan: Harga Beras Mulai Turun
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan menjelang panen raya Februari-Mei 2018 harga gabah dan beras di Pasar Cipinang, Jakarta Timur telah turun. Harga gabah turun Rp 800/kg dan beras Rp 300/kg.

“Yang jelas harga sudah turun. Kami dengar berita dari Cipinang turun Rp 300 (beras), tapi gabah turun Rp 800 per kilogram,” ujar Amran Sulaiman di Kementerian Pertanian, Senin (29/1/2018).

Berdasarkan data dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) Nasional, per Senin (29/1/2018) harga beras kualitas medium I turun Rp 300/kg menjadi Rp 11.950/kg. Penurunan ini setara dengan 2,45% dari harga sehari sebelumnya.


Pihaknya mengharapkan bahwa penurunan harga tersebut bersifat linear, sehingga Amran akan memastikan bahwa harga beras dan harga gabah akan turun bersamaan dengan harga Rp 800/kg-nya. 


Kementan saat ini sedang berkoordinasi dengan Bulog terkait penurunan harga tersebut, agar Bulog dapat menyerap hasil panen raya dari petani yang akan berlangsung pada bulan Februari hingga Mei 2018 ini.

“Oh pasti, kita harus antisipasi. Kita sudah bilang itu ke bulog,” tambah Amran.


Sementara untuk target hasil penerimaan gabah dan beras di panen raya, pihaknya masih belum memastikan kisarannya dan masih memantau kondisi panen raya di berbagai daerah.

“Saya akan ke Palembang dulu ya,” tambah Amran.
(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading