Petani Sulit Dapatkan Sertifikasi Kelapa Sawit

News - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
28 January 2018 18:32
Petani Sulit Dapatkan Sertifikasi Kelapa Sawit
Jakarta, CNBC Indonesia - Tingginya biaya menjadi sebab petani swadaya kesulitan mendapat sertifikat kelapa sawit berkelanjutan atau yang dikenal dengan nama Indonesian Sustainable Palm Oil System (ISPO) walaupun mereka memiliki sekitar 40% lahan kelapa sawit di Indonesia.

Cost-nya tinggi sekali, sekitar Rp 1,9 juta hingga Rp 5 juta per hektarnya,” ujar Bukti Bagja, program manager World Resources Institute (WRI) Indonesia, Minggu (28/1/2018).


Kalaupun mereka akhirnya mampu mendapatkan sertifikat ISPO, banyak petani swadaya yang belum mampu mengikuti prosedur standar operasional (standard operational procedure/ SOP).


SOP tersebut meliputi penyediaan komponen-komponen usaha seperti pajak usaha serta fasilitas keamanan kerja dan kesehatan bagi pekerjanya atau buruh kelapa sawit.

“Ketika lahannya sudah certified, mereka harus mengikuti SOP yang ada seperti [melapor dan membayar] pajak, [menyediakan] alat pelindung diri bagi pekerjanya, pestisida, serta monitoring dan external audit. Itu nambah biaya lagi,” tambah Bukti.

Selain itu, tidak ada kewajiban bagi petani swadaya dengan lahan seluas kurang dari 25 hektar untuk memperoleh sertifikasi.

“Rancangan ISPO versi Januari 2018 juga menghilangkan kewajiban sertifikasi bagi petani swadaya, sehingga mereka terdorong untuk tidak memiliki sertifikasi tersebut,” ujar Bukti.

Untuk itu, pemerintah perlu memperbaiki rancangan aturan ISPO untuk mendorong pertumbuhan usaha petani swadaya, terutama dalam mencari pembiayaan usahanya.

Saat ini hanya sekitar 20% petani swadaya yang memiliki akses perbankan (bankable) sehingga kepemilikan ISPO diharapkan akan mempermudah mereka untuk mendapatkan pembiayaan, tambah Bukti.

Selain untuk memastikan pengelolaan lahan sawit dilakukan secara berkelanjutan, sertifikasi ISPO juga diperlukan agar produk kelapa sawit Indonesia diterima di pasar ekspor. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading