Sindikasi: Pekerja Perlu Dilindungi dari Efek Buruk Teknologi

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
28 January 2018 15:11
Sindikasi: Pekerja Perlu Dilindungi dari Efek Buruk Teknologi
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah didorong untuk segera bergerak melakukan mitigasi terhadap fenomena ekonomi digital atau inovasi disruptif berdasarkan sudut pandang pekerja.

Ellena Ekarahendy, Ketua Serikat Pekerja Media dan Industri Kreatif untuk Demokrasi (Sindikasi), mengemukakan dampak dari peralihan teknologi, seperti robotisasi berbagai sektor usaha.


Masalahnya, kata Ellena, pemerintah belum memiliki landasan untuk melakukan mitigasi. Baru saat ini, ia menyebut Kementerian Ketenagakerjaan memiliki unit reaksi cepat untuk menangani dampak dari peralihan teknologi.


"Regulasi ketenagakerjaan saat ini tidak lagi bisa mengakomodir sistem kerja saat ini, terutama kerja kreatif dan dampak peralihan teknologi," tuturnya dalam diskusi Ekonomi Digital dalam Perspektif Kelas Pekerja, Minggu (28/1).

Melihat kondisi tersebut, dia menyatakan Sindikasi mengajukan beberapa rekomendasi. Pertama, pemerintah perlu memiliki desain untuk mitigasi dampak dari peralihan teknologi

Kedua, perusahaan wajib memberikan laporan dan kajian terkait dampak peralihan teknologi terhadap para pekerjanya. Laporan ini diserahkan kepada pemerintah agar pemerintah bisa mengambil langkah tertentu untuk melindungi para pekerja terdampak.

Sindikasi juga meminta agar perusahaan menghindari jalur pemutusan hubungan kerja (PHK) ketika melakukan alih teknologi.

"Untuk para pekerja, termasuk pekerja kreatif, perlu berserikat agar memiliki posisi tawar yang paling tidak setara dengan pemberi kerja," ungkapnya. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading