Dari 2.000 Pilot di Indonesia, Hampir 30% Masih Mengganggur

News - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
24 January 2018 11:17
Dari 2.000 Pilot di Indonesia, Hampir 30% Masih Mengganggur
Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Perhubungan mencatat saat ini Indonesia memiliki hingga 2.000 pilot, baik itu first officer maupun captain. Namun, dari jumlah tersebut sebesar 28% atau 556 pilot masih mengganggur.

Sebanyak 556 pilot itu masih tergolong pemula atau yang baru saja lulus dari sekolah penerbangan.

“Jumlah pilot sekitar 2.000 orang, kalau pilot asing itu sedikit sekali ya persentasenya karena mereka biasanya kontrak maksimal 2 tahun,” ungkap Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kementerian Perhubungan Muzaffar Ismail di Hotel Grand kemayoran, Rabu (24/01/2018).


Di tempat yang sama, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso mengatakan terkait 556 pilot pemula yang menganggur saat ini pemerintah bekerjasama dengan maskapai penerbangan untuk memberikan pelatihan sehingga dapat lolos kualifikasi untuk diterima di maskapai tersebut.

Dari jumlah total pilot yang mengganggur itu, Agus menjelaskan sudah 200 pilot yang tengah diseleksi oleh maskapai.

“Para pilot (yang mengganggur) ini akan kami lakukan scanning dan upgrading, sehingga mereka dapat terseleksi dan terkualifikasi untuk masuk dalam maskapai-maskapai lokal maupun internasional,” ujarnya.

Jenis pelatihan yang diajarkan kepada para pilot pemula ini antara lain pemahaman dinamika terbang, pemahaman kemampuan, talenta dan perilaku dalam menerbangkan pesawat. 

(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading