Banyak Duit, Ini Tips Sukses Jadi Konten Kreator Ala Komika!

My Money - Ayyi Hidayah, CNBC Indonesia
16 January 2023 16:00
Irfan Gafur - Komika & Konten Kreator. (Dok. Ist) Foto: Irfan Gafur - Komika & Konten Kreator. (Dok. Ist)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pengguna media sosial terus meningkat dengan pesat di berbagai belahan dunia tak terkecuali di Indonesia.

Kawula muda seperti gen Z dan generasi milenial mendominasi jumlah pengguna aktif sosial media, tidak heran jika konten-konten menghibur di sosial media yang sesuai dengan situasi zaman sekarang maupun budaya atau kebiasaan masyarakat tertentu menarik banyak audiens.

Pembuatan konten bukanlah suatu proses yang gampang, mulai dari mencari ide, mencari informasi hingga proses syuting yang memakan banyak waktu.
Salah satu konten kreator asal Samarinda yang kini sukses meniti karir dengan membuat konten adalah Irfan Abdul Gafur atau yang lebih dikenal sebagai Irfan Ghafur.

Mengawali karir sebagai seorang Komika pada tahun 2015, nama Irfan Ghafur pertama kali dikenal di ranah Stand Up Comedy ketika dirinya menjadi founder di komunitas Stand Up Indo Bulungan, dan menjadi anggota komunitas Stand Up Indo Samarinda yang berhasil menjuarai beberapa kompetisi Stand Up Comedy lokal.

Pria kelahiran 20 November 1999 tersebut mengenal dan membuat video di YouTube semenjak pertengahan 2016, hal tersebut berawal ketika Irfan Ghafur mulai jarang mendapatkan tempat untuk Stand Up Comedy hingga dirinya memutar otak untuk tetap bisa berkomedi dan menghibur orang dan akhirnya ia menemukan YouTube.

Anak dari pasangan Budi Nirwana dan Puji Astuti tersebut menceritakan bahwa prosesnya menuju kesuksesan sebagai konten kreator sekarang ini tidaklah mudah.

Ia sempat diremehkan oleh teman sekolah dan teman dekat terkait video-video konten lucu yang ia unggah. Tak hanya itu saja, dirinya mengatakan bahwa ia pernah dipukul oleh salah satu oknum aparat keamanan negara ketika membuat konten prank untuk YouTube.

Irfan Ghafur mengaku dirinya tidak mengetahui bahwa orang tersebut merupakan salah satu aparat keamanan negara dan ngeprank dengan menertawai tanpa alasan hingga dia berakhir dengan dipukul.

Pada 3 tahun pertama membuat video, Irfan Ghafur sama sekali tidak mendapatkan penghasilan dari kontennya, hingga dirinya pergi merantau pada tahun 2017.

"Saya merantau dari Kalimantan Utara tepatnya di Tanjung Selor ke kota kelahiran saya di Samarinda untuk berkuliah. Dengan berusaha lebih keras, barulah saya mulai merasakan banyak penonton, banyak pengikut hingga dikenal banyak orang sampai sekarang," kata Irfan Ghafur.

Pada tahun 2019, Irfan Ghafur makin dikenal masyarakat Indonesia setelah dirinya masuk di acara Stand Up Comedy "Cerita Cinta Ku" oleh Raditya Dika hingga akhirnya ia sering berkolaborasi dengan Raditya Dika

Kini, Irfan Ghafur telah menjadi bintang tamu di TV beberapa kali, pernah menjadi bintang iklan di salah satu brand minuman, berteman dengan beberapa kreator top atau artis idolanya seperti Arief Muhammad, Raditya Dika, Dikta, Nopek Novian, Marshel Widianto, Anji Manji dan masih banyak lagi.

Tercatat Irfan Ghafur berhasil memperoleh 545 ribu pengikut di Instagram, 2,8 juta pengikut di TikTok dan 1,7 juta subscriber di YouTube serta berhasil mendapatkan Silver Play Button hingga Gold Play Button, dan juga pernah masuk nominasi sebagai konten kreator serta komedian digital terfavorit.
Kemudian pada Desember 2020, Irfan Ghafur memutuskan untuk menikah dengan seorang perempuan bernama Riska Widya Saputri.

"Kita harus mencari sesuatu yang berbeda sebagai identitas kita, seperti saya dikenal sebagai Anak Indie dan Supir Travel. Sebelum saya tidak ada yang membuat konten seperti itu, sehingga saya mudah dikenal orang, selain itu tentu saja konsisten, kalau bisa setiap hari harus selalu membuat video," ucap Irfan Ghafur.

"Tunjukkan bahwa ternyata kita bisa kok seperti orang-orang di pulau Jawa khususnya Jakarta," tambahnya.
Irfan Ghafur juga dikenal sebagai seorang musisi dengan karya singlenya berjudul "Bersemestalah" yang sudah ada di seluruh platform musik dunia.


[Gambas:Video CNBC]

(ayh/ayh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading