4 Produk Finansial yang Harus Dimiliki Sebelum 40 Tahun

My Money - Aulia Akbar, CNBC Indonesia
12 January 2023 18:30
Ilustrasi etika bisnis. Foto: Medienstürmer/Unsplash

Jakarta, CNBC Indonesia - Di usia kepala empat, seseorang tentu diharapkan sudah mapan. Tapi jangan lupa pula, mereka harus memiliki sejumlah produk finansial yang bisa mengamankan keuangan mereka di jangka panjang.

Sejumlah masalah bisa datang dengan mudah dan mengganggu keuangan Anda di usia kepala empat. Masalah-masalah tersebut bisa saja muncul karena ketidakcakapan kita dalam mengelola dan mengamankan keuangan, atau dari faktor eksternal.

Bukan tidak mungkin, hal itu akan menghancurkan keuangan Anda hingga akhirnya Anda harus memulai semuanya dari nol.

Lantas apa saja produk finansial yang bisa mengamankan keuangan mereka dalam jangka panjang? Berikut ulasannya.

1. 3 jenis tabungan

Satu tabungan saja tentu sangatlah riskan, lantaran Anda akan kesulitan dalam mengelola keuangan Anda. Setidaknya ada memiliki tiga jenis tabungan untuk keperluan yang berbeda-beda.

Pertama adalah tabungan dana darurat dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan, yang tujuannya adalah untuk mengantisipasi segala kebutuhan mendesak dan tidak direncanakan sama sekali.

Kedua adalah tabungan sinking fund yang bertujuan untuk menghadapi seluruh pengeluaran Anda yang dibayar tahunan. Sebut saja seperti pajak kendaraan, pajak rumah, biaya liburan keluarga, dan lain sebagainya.

Dan yang terakhir adalah tentu saja rekening tabungan untuk operasional sehari-hari.

2. Asuransi kesehatan & penyakit kritis

Risiko sakit dan terjangkit penyakit kritis sangatlah umum terjadi di usia 40 tahun. Berobat dengan menggunakan tabungan sendiri bukanlah hal yang bijak dilakukan.

Jika Anda belum memiliki tanggungan, setidaknya Anda memiliki asuransi kesehatan dan penyakit kritis sebagai bentuk dari proteksi keuangan.

Memang benar bahwa BPJS Kesehatan bisa menanggung hampir seluruh penyakit yang ada. Namun asuransi swasta bisa memberikan Anda sebuah kepraktisan dalam berobat.

3. Asuransi jiwa

Khusus bagi Anda yang punya tanggungan, baik itu orangtua, adik, atau keluarga Anda sendiri, maka Anda wajib memiliki produk keuangan yang satu ini.

Asuransi jiwa akan memberikan orang yang Anda cintai sebuah proteksi finansial di kala Anda sebagai pencari nafkah kehilangan kemampuan untuk memenuhi tanggung jawab. Bisa jadi karena cacat tetap total, atau meninggal dunia.

Ketika musibah itu terjadi, maka perusahaan asuransi jiwa akan mencairkan uang pertanggungan yang bisa dipakai oleh keluarga untuk membiayai hidup.

4. Produk keuangan untuk dana pensiun

Bukan rahasia lagi, usia kepala empat menandakan bahwa tidak lama lagi Anda akan memasuki masa tidak produktif. Maka investasi dana pensiun tentu sangat dibutuhkan.

Semestinya, investasi ini sudah dilakukan di usia 20 tahunan. Namun apa daya jika orang yang bersangkutan baru saja melek finansial di usia mendekati kepala 4?

Tidak ada kata terlambat untuk investasi, Anda pun harus memulainya sejak dini demi masa depan yang aman.

Adapun instrumen keuangan yang cocok untuk dana pensiun adalah instrumen yang bersifat high risk dan high return. Sebut saja seperti reksa dana campuran, reksa dana saham, dan saham.

Namun lakukanlah diversifikasi investasi dengan membeli instrumen lain agar risiko investasi Anda bisa lebih terkontrol. Belilah surat utang negara, emas, atau instrumen pasar uang sebagai penyeimbang.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Dana Darurat Ideal Itu Segini, Waspada Kalau Belum Punya


(aak/aak)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading