Butuh Modal Usaha? Cek Produk bjb Ini, Sebelum Pensiun

My Money - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
25 October 2022 14:52
bjb Foto: dok bjb

Jakarta, CNBC Indonesia- PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) atau bank bjb menawarkan produk kredit bagi para ASN maupun anggota TNI/Polri yang akan memasuki usia pensiun. Di antaranya adalah Kredit Pra Purna Bhakti(KPPB) Grace Period dan bjb Kredit Pra Purna Bhakti Manfaat Ganda.

KPPB Grace Period (GP) merupakan fasilitas pinjaman sebelum pensiun dengan jangka waktu melintasi usia pensiun di mana sumber pembayaran angsurannya berasal dari gaji pensiun setiap bulan.

Sedangkan KPPB Manfaat Ganda (MG) merupakan fasilitas pinjaman sebelum pensiun yang sumber pembayaranya berasal dari tabungan hari tua dan dibayarkan sekaligus setelah efektif pensiun.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan kedua produk tersebut memiliki keistimewaan serupa, yakni mekanisme pembayarannya yang fleksibel dengan tagline'Kredit Sekarang Bayar Belakangan' (DiSayang). Mekanisme pembayaran ini memungkinkan nasabah untuk tidak membayar angsuran bulanan sebelum efektif memasuki masa pensiun.

Menurut dia, skema pembayaran ini dapat dimanfaatkan pegawai untuk merancang keuangannya dengan lebih matang. Sebab, dana yang diperoleh dapat kembali diputar untuk bisnis yang menghasilkan.

"Jadi cara bayar angsuran kreditnya sangat fleksibel. ASN atau anggota TNI/Polri yang masih kerja tidak perlu membayar cicilan dengan potong gaji," ungkap Widi dikutip dari keterangannya, Selasa (25/10/2022).

Dia mengungkapkan, pembayaran angsuran baru akan dilakukan setelah nasabah tercatat efektif memasuki masa pensiun. Nantinya, dana kredit yang diperoleh bisa digunakan untuk membangun hal produktif ketika pegawai telah purna tugas.

"Baik KPPB GP maupun KPPB MG bisa dipergunakan oleh nasabah yang memerlukan modal usaha guna meraih pundi-pundi rupiah meski tak lagi bekerja. Sehingga dana pensiun yang kemungkinan menjadi aset terakhir selepas bekerja tidak habis digunakan untuk keperluan konsumtif, melainkan menjadi bisnis yang berputar dan menghasilkan," ungkap Widi.

Dia mengatakan, syarat pengajuan keduanya tergolong mudah dan sederhana. Plafon pinjamannya juga tinggi dengan tenor panjang.

"Plafon pinjamannya bisa mencapai Rp 500 juta. Jangka waktu kreditnya leluasa, mulai dari tiga tahun sampai 20 tahun dengan batasan usia maksimal nasabah 75 tahun pada saat kredit jatuh tempo," ungkap Widi.

Selain itu, suku bunga kredit keduanya sangat kompetitif. Nasabah juga bisa mendapat bebas biaya administrasi dengan syarat dan ketentuan berlaku serta selama periode program masih berlaku.

Adapun jangka waktu kredit untuk KPPB MG adalah minimal 4 bulan sampai dengan maksimal 39 bulan, di mana nasabah tercatat memiliki sisa masa kerja maksimal 36 bulan menjelang pensiun. Sedangkan jangka waktu maksimal untuk KPPB GP adalah 20 tahun, di mana nasabah tercatat memiliki sisa masa kerja 58 bulan menjelang pensiun.

"Produk tersebut dapat dimanfaatkan oleh ASN yang telah memiliki masa kerja selama lebih dari 10 tahun, dan lebih dari dan 15 tahun untuk anggota TNI/POLRI, terhitung sejak pengangkatan PNS sampai dengan Batas Usia Pensiun (BUP)," terang dia.

Lebih lanjut, persyaratan administrasi yang diperlukan cukup sederhana. Selain mengisi formulir dan menyerahkan berkas wajib, nasabah hanya perlu melampirkan minimal salah satu SK asli kepegawaian.

"Bahkan tidak perlu melampirkan surat rekomendasi atasan, persetujuan atasan ataupun bagian keuangan," ungkap Widi.

Berikut merupakan persyaratan administrasi kedua produk lintas pensiun tersebut.

1. Formulir permohonan kredit;

2. Melampirkan salah satu asli SK kepegawaian (calon pegawai/pegawai/pangkat terakhir);

3. Asli SK Pensiun;

4. Copy identitas pribadi dan/atau pasangan yang meliputi: KTP, NPWP, KK, Surat Nikah/Akta Nikah, dan 2 lembar pas photo 3x4 terbaru;

5. Copy KARPEG/KPE/KTA dan copy KARIP/KTPA;

6. Copy ledger gaji terakhir dan buku tabungan;

7. Melampirkan asli SP3R dan AP-4A; dan

8. Melampirkan surat pernyataan debitur

"Berbagai kemudahan yang terdapat pada skema DiSayang menjadikan produk bjb KPPB GB dan KPPB MG sebagai solusi tepat kebutuhan finansial nasabah sebelum masa pensiun menjelang. Untuk itu, Anda yang bercita-cita tetap produktif dan menghasilkan di usia senja, segera daftarkan diri untuk memperoleh layanan keuangan KPPB GB ataupun KPPB MG ke bank bjb terdekat," pungkas Widi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Misi Bank BJB Perkuat Sinergi Antar BPD Lewat KUB


(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading